Ajak Saksikan Keberhasilan Semaul Undong

YOGYA (KRjogja.com) – Delegasi Provinsi Geongsang Buk Do Korea Selatan Kamis (8/9/2016) mengunjungi DPRD DIY. Mereka meminta perwakilan dewan untuk datang ke Korea dan menyaksikan keberhasilan gerakan Semaul Undong yang diaplikasikan Pemda DIY dengan slogan 'Jogja Gumregah'.  

Jang Dae Jin Ketua Delegasi yang juga mantan ketua dewan perwakilan rakyat Geongsang Buk Do mengatakan kunjungannya ke DPRD DIY dimaksudkan untuk membahas kerjasama lebih lanjut terkait gerakan Semaul Undong yang diadaptasi di DIY. Namun demikian, secara khusus mereka meminta dewan untuk datang ke Korea untuk menyaksikan sendiri bagaimana gerakan tersebut berhasil membangun etos kerja masyarakat.  

"Tujuan kami datang ke sini (DPRD DIY) untuk follow up kerjasama Semaul Undong yang telah dilaksanakan pemerintah daerah di sini dan Geongsang Buk Do. Kami nilai antar dewan harus bekerjasama juga dan idealnya DPRD DIY bisa melihat langsung ke Korea bagaimana Semaul Undong itu berjalan," ungkapnya pada wartawan.  

Sementara Wakil Ketua DPRD DIY Arief Noor Hartanto yang menemui delegasi Geongsang Buk Do mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh kerjasama Pemda DIY dengan pemerintah Geongsang Buk Do Korea. Menurut dia, prinsipnya dewam pasti akan mensuport bila kebijakan tersebut ditujukan untuk kepentingan masyarakat DIY.  

"Kalau untuk kunjungan ke Korea mungkin cukup sulit karena kita punya mekanisme tersendiri untuk ke luar negeri. Namun pada prinsipnya dewan pasti akan terbuka bila pemda DIY bekerjasama dengan pihak manapun dan tujuannya untuk kemajuan masyarakat, itu poin pentingnya," ungkapnya.  

Sebelumnya, delegasi Geongsang Buk Do juga mengunjungi Kompleks Kepatihan untuk berdialog dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Kunjungan tersebut sebagai keberlanjutan gerakan Jogja Gumregah yang diadaptasi dari Semaul Undong Korea. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI