Akal-akalan Pedagang Pasang Harga ‘Jebakan’, Seporsi Pecel Lele jadi Mahal

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Insiden nuthuk harga yang dilakukan pedagang kuliner di kawasan Malioboro menjadi introspeksi berharga bagi pemerintah Kota Yogyakarta. Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan meminta pedagang untuk tidak ‘menjebak’ konsumen dengan harga yang diluar kewajaran Malioboro.

Heroe menyebut, dari penelusuran didapatkan fakta bahwa rata-rata pecel lele paket lengkap di Malioboro dijual dengan harga antara Rp 15 – 18 ribu meski belum termasuk nasi. Harga tersebut menurut Heroe sudah lengkap lele dengan lalapan juga sambal.

“Meski kemudian sewa mahal atau apa yang jadi urusan pedagang, jangan kemudian jadi pembenaran membebankan harga mahal untuk pembeli. Selama ini pecel lele di Malioboro antara Rp 15 – 18 ribu sudah komplit lele dengan lalapan sambal. Sekali lagi jangan menjebak, membebankan harga mahal bagi pembeli. Pecel lele, mosok lelenya harga sendiri nanti lalapan sama sambal sendiri, nasi sendiri. Ini kan menjebak pembeli,” tegas Heroe, Sabtu (29/05/2021).

Heroe mengatakan Sabtu hari ini Satpol PP Kota Yogyakarta mengumpulkan para pedagang termasuk yang ada di penggal sirip Jalan Perwakilan, lokasi di mana insiden nuthuk harga terjadi. Pemkot meminta para pedagang mengikuti standar harga di Malioboro dan menawarkan harga secara wajar tanpa menjebak konsumen.

“Hari ini Satpol PP mengumpulkan pedagang, ya mereka harus ikut standar Malioboro yang sama, artinya bahasa kita tak boleh menawarkan harga yang tidak wajar. Semua kawasan Malioboro tidak boleh termasuk sirip-sirip. Ya, semuanya menyediakan paket kalau pecel lele ya sudah komplit. Kita harapkan seluruhnya, di sirip maupun Malioboro jangan ada tawaran yang menjebak konsumen,” tegas Heroe.

Sebelumnya, diberitakan sebuah video diunggah wisatawan perempuan yang tengah berjalan-jalan di Malioboro viral di sosial media. Ia berkeluh karena harus membayar hingga Rp 37 ribu untuk satu porsi pecel lele.

Ia kecewa karena pecel lele yang dipesan ternyata belum termasuk lalapan, sambal juga nasi. Untuk lalapan ia harus membayar Rp 10 ribu dan seporsi nasi putih Rp 7 ribu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI