Akhirnya Tanggap Darurat Covid DIY Diperpanjang Hingga 30 Juni

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY resmi memperpanjang status tanggap darurat kebencanaan Covid-19, hingga 30 Juni mendatang. Status tanggap darurat sendiri akan berakhir 29 Mei mendatang dan dipastikan diperpanjang sebulan sebagai persiapan menghadapi new normal.

Sekda Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan perpanjangan masa tanggap darurat dilakukan meski dalam dua hari terakhir tak ada penambahan kasus positif di DIY. Keputusan tersebut menurut Baskara Aji dihasilkan setelah adanya rapat tertutup dengan bupati/walikota se-DIY yang seluruhnya menyetujui perpanjangan status.

“Akan ada perpanjangan tanggap darurat sampai 30 Juni 2020. Ada kepres tentang kondisi bencana non alam tak ada batas waktunya tapi akan ditinjau ulang ketika kondisi sudah baik. Kondisi kesehatan masyarakat bahwa penularan terhadap Covid masih berlangsung di DIY walaupun dua hari terakhir kita 0. Tapi belum kita pastikan akan tetap mempertahankan, tak ada penambahan positif sehingga kita masih butuh regulasi untuk tanggap darurat,” ungkap Aji di Bangsal Kepatihan, Rabu (27/5/2020).

Perpanjangan status tanggap darurat menurut Baskara Aji akan dimanfaatkan pula oleh pemda mempersiapkan skema new normal dengan tetap mengedepankan sisi kesehatan masyarakat. Pemda juga terus fokus memberikan bantuan sosial pada masyarakat terdampak Covid hingga tiga bulan (sampai Juni) mendatang.

BERITA REKOMENDASI