Aksi Peringatan 20 Tahun Udin

YOGYA  (KRjogja.com) – Aliansi Jurnalis Independen kembali menggelar aksi mengenan 20 tahun kepergian wartawan Udin di Tugu, Yogyakarta, Selasa (16/08/2016). Aksi yang bertemakan “Hitam Diam” ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya pada tanggal 16. “Karena Fuad Muhammad Syarifuddin (Udin) dulu meninggal pada tanggal 16 September”, jelas Kordinator Acara sekaligus Kordinator Advokasi AJI, Tommy Apriando.

Aksi penutupan mulut serta menggunakan baju hitam menandakan bahwa kegiatan ini merupakan pengukngkapan rasa duka yang mendalam serta kritikan bagi pemerintah yang bungkam dengan kematian wartawan Udin. Dalam aksinya, mereka menuntut pengusutan terhdapa kasus ini. “Sebenarnya gak hanya wartawan Udin, kasus-kasu yang lain juga banyak yang tidak diusut”, tambah Fuad.

Pada pukul 16.58, peserta aksi melakukan tebar bunga dan memukul kentungan sebanyak 20 kali, sesuai dengan 20 tahun meninggalnya wartawan Udin. Selain menjadi aksi utntuk wartawan Udin, aksi ini juga mengkampanyekan kebebasan berekspresi bagai masyarakat terutama bagi para jurnalis. “Kebebasan Jurnalis saat ini mulai dibungkam”, tegas Ketua AJI Yogyakarta, Anang. (M Akbar Samudera)

BERITA REKOMENDASI