Aksi Tolak Rasisme di Yogyakarta Kondusif

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Aksi keprihatinan kerusuhan di papua dan menolak rasisme di Yogyakarta hari ini berjalan kondusif. Aksi dimulai dari Tugu Pal Putih melintasi kawasan Malioboro hingga sampai di Titik Nol Kilometer.

Pantauan krjogja.com, puluhan peserta aksi tiba di Tugu sekitar pukul 11: 38 WIB. Mereka berkumpul dan melakukan orasi di hadapan para pengendara jalan.

Untuk menyatukan semua anggota aksi, mereka menggunakan tali sebagai pembatas peserta aksi dengan orang lain. Hal itu juga mereka gunakan untuk menertibkan jalanan.

Demo berjalan kondusif, tidak terlihat ada kericuhan atau provokasi dari para peserta. Tampak terlibat pengamanan aksi Wakapolda DIY, Brigjen Pol Karyoto dan Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini.

"Sengaja diberikan ruang bagi mereka (para peserta aksi). Bagus lah, orang-orang Yogya baik-baik. Pengamanan inikan juga sebagai antisipasi berbagai hal yang dimungkinkan mengganggu keamanan," kata Karyoto kepada wartawan di sela aksi, Sabtu (31/08/19).

Menurutnya, setiap warga negara punya hak untuk mengungkapkan pendapat. Sehingga aksi tersebut diperbolehkan asalkan tetap kondusif.

Ratusan pihak kepolisian juga terlihat berjaga disetiap sudut jalan mulai dari Tugu hingga lokasi berhenti di Titik Nol Kilometer. Hal itu untuk mengamankan kegiatan para peserta aksi, misalnya dalam hal pengamanan lalu lintas.

Sementara Kasatlantas Polresta Yogyakarta Yogi Bayu Hendarto mengungkapkan, area aksi sengaja disterilkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (Ive)

 

BERITA REKOMENDASI