Al Azhar Primary School Tuan Rumah ‘Program Ayo Baca’

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRjogja.com) – Al Azhar 55 Islamic Primary School Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Program Ayo Baca, 25-31 Januari 2018. Program Ayo Baca dibawah naungan Yayasan Ayo Baca didirikan Maria Obrowski, warga Indonesia yang sudah 20 tahun tinggal di Australia. 

Program Ayo Baca merupakan sebuah program non-profit yang didedikasikan untuk anak-anak dan remaja di Indonesia guna menumbuhkan kebiasaan membaca.

Dalam program yang berlangsung selama tujuh hari ini, satu volunteer yang masih remaja asal Australia yaitu Sarah Elizabeth Bouquet ditugaskan ke Al Azhar dan mengajak para siswa untuk gemar membaca. Sarah membacakan berbagai buku dalam versi Indonesia dan Inggris. Ia dikirim ke Indonesia sebagai volunteer, karena kecintaan dan hasrat terhadap bahasa dan kebudayaan Indonesia.

Kepala Al Azhar 55 Islamic Primary School Yogya, Iyut Ayudya MPd merasa bangga sekolahnya menjadi tempat penyelenggaraan program Ayo Baca. Program ini sejalan dengan program sekolah yaitu Literacy Program (Reading Log). Setiap anak diwajibkan membaca 1 buku setiap harinya bisa dari perpustakaan sekolah atau buku yang mereka miliki. "Program wajib baca bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca sejak dini," kata Iyut kepada KRjogja.com, Rabu (31/1/2018).

Iyut berharap, Program Ayo Baca bisa berlanjut untuk tahun-tahun medatang. Selain itu diharapakan lebih banyak lagi remaja Australia yang bergabung dan datang ke Al Azhar 55 Islamic Primary School Yogyakarta. "Ini sangat positif karena menambah pengalaman murid berinteraksi dengan orang lain khususnya warga negara asing," pungasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI