Alasan Bupati Gunungkidul Pilih Mobil Dinas ‘Maung’ Pindad

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memastikan menggunakan mobil dinas Maung produksi Pindad dalam kegiatan harian. Mobil tersebut akan datang beberapa hari kedepan dan dibeli Sunaryanta dengan kocek pribadi seharga Rp 600 juta.

Usai pelantikan di Kepatihan, Sunaryanta mengatakan alasan penggunaan mobil Maung diputuskan setelah melihat medan berbukit di Kabupaten Gunungkidul. Sunaryanta menilai mobil biasa tak akan bisa digunakan untuk menjangkau daerah-daerah pelosok untuk langsung berdekatan dengan masyarakat.

“Saya rencana pakai itu (Maung) karena di Gunungkidul medannya terjal, berbukit dan harapannya bisa menunjang kinerja saya bertemu masyarakat. Bisa menunjang kedinasan saya,” ungkapnya di Kepatihan.

Di sisi lain, Sunaryanta menilai produk karya dalam negeri harus mendapat dukungan. Seperti diketahui kendaraan semi taktis Maung merupakan buatan PT Pindad meski mesin mengadopsi milik Toyota Hilux.

“Saya juga cinta produk nasional. Itu alasan utama sebenarnya mengapa saya mau pakai ini. Saya beli sendiri dan nanti untuk operasional juga, saya tidak akan membebani negara,” sambung pensiunan TNI AD ini.

Sementara ketika ditanya tentang program yang dilaksanakan selama empat tahun kedepan, Sunaryanta bersama wakilnya, Heri Susanto menitikberatkan pada beberapa sektor seperti pertanian, pariwisata dan investasi.

“Kami akan berusaha memaksimalkan ekonomi kerakyatan termasuk peternakan, pertanian dan perikanan, juga pariwisata dan investasi. Hal-hal ini yang akan didorong kedepan di Gunungkidul. Program itu kami maksimalkan untuk pengentasan kemiskinan dan investasi tadi untuk mendorong ekonomi Gunungkidul,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI