Alasan Dipilihnya Umbulharjo Sebagai Lokasi TMMD

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Komandan Kodim 0734 Yogyakarta, Letkol (Inf) Rudi Firmansyah menegaskan masyarakat Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo telah siap ketempatan untuk digelarnya TMMD Reguler ke-101. Bahkan warga telah tak sabar menantikan para prajurit dalam progam yang dahulu bernama ABRI Masuk Desa ini.

Dandim mengungkapkan hal itulah diperolehnya saat ia meninjau langsung kesiapan prajurit saat Pra TMMD, Minggu (18/03/2018). Dalam kesempatan itu Rudi Firmansyah menyempatkan diri berdialog dengan para prajurit dan tak ketinggalan menyambangi warga setempat.

“Dengan ini kami bisa mengetahui sejauh mana perkembangan awal dan kesiapan prajurit. Selain itu kami juga mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap program-program yang akan kami berikan,” tegasnya di Makodim 0734 Yogyakarta, Selasa (20/03/2018).

Dandim mengungkapkan alasan dipilihnya Kecamatan Umbulharjo lantaran wilayah ini termasuk daerah yang penduduknya masih kekurangan. Apalagi yang di kecamatan ini khususnya di Kelurahan Pandean masih banyak ditemui rumahnya warga berada di pinggiran Sungai Gajahwong yang belum terpasang talud.

”Disamping tingkat pendapatan penduduk yang relatif masih rendah dengan rata-rata dari mereka berpenghasilan pas-pasan sebagai buruh. Prasarana dan fasilitas umum lainnya tergolong masih ketinggalan dan kurang memadahi, namun disisi lain peran serta masyarakat untuk membangun cukup tinggi hal ini terbukti disetiap pengerjaan sasaran TMMD,” ungkap Rudi Firmansyah.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan Pembangunan sosial ekonomi yang kuat dengan cara memberdayakan potensi wilayah yang ada di lingkungan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat merupakan faktor penting dalam upaya pencapaian sasaran pembangunan.

”Melalui program TMMD ke-101 ini kemanunggalan TNI dan Rakyat dapat terwujud serta diharapkan terpelihara hubungan kerjasama yang baik serta harmonis. Kodim memiliki peran penting membantu pemerintah di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik seperti ini, dengan tujuan mewujudkan kondisi juang yang tangguh guna stabilitas keamanan dalam negeri,” tegasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI