Alexander Thian: Panjat Sosial itu Penting

YOGYA, KRJOGJA.com – Penulis, fotografer, kreator konten digital kenamaan Alexander Thian atau sering disebut aMrazing menyatakan bahwa panjat sosial (pansos) itu penting. Melalui jejaring yang dibangun bisa memberikan kemajuan di era digital saat ini.

Hal tersebut dikemukakan Alexander Thian dalam Lokakarya Festival Literasi Kecil dan Pasar Buku Patjar Merah yang berlangsung bekas gudang buku, Jala Gedongkuning 118 Yogyakarta, Minggu (3/3/2019).

Dalam Lokakarya yang bertema ‘Membangun Penjenamaan di Era Digital’ ini, aMrazing menuturkan di dalam materinya bahwa panjat sosial yang baik di zaman sekarang itu memang sesuatu yang sangat diperlukan. Mengapa demikian?

Pansos sendiri memiliki pengertian sebagai berjejaring. Sehingga menurutnya pansos merupakan sesuatu yang dapat memperluas jaringan atau koneksi sehingga bisnis atau usaha yang tekuni dapat melebarkan sayapnya tentunya untuk dapat mengalami kemajuan.

Pansos yang baik akan  membawa seseorang naik kelas. Alexander Thian yang juga akrab dipanggi Koh Alex mengambil contoh dirinya sendiri. Dia yang dulu jaga toko kelontong, lalu pindah jadi konter HP suatu ketika ditawarin "Lex, mau nggak bikin skenario sinetron?"

Begitu dia tahu mentornya adalah si penulis skenario X dia jalanin semua tanpa protes walaupun harus belajar nulis skenario sinetron yang ga masuk akal banget ceritanya. Dari situ dia kenal penulis lain, kenal Mbak Windi, dan lain-lain.

Kalau aja waktu itu dia menolak karena merasa sinetron nggak level sama dia, ceritanya sampah, dia akan berhenti belajar dan tidak bisa pansos.

Tak hanya melulu tentang panjat sosial, aMrazing juga memberikan materi-materi tentang konten yang menarik kepada para peserta Lokakarya, diantaranya bagaimana memulai cerita, menemukan sosial media yang cocok, dan tentunya tentang memperluas jaringan.

“Sekarang ini banyak sekali usaha-usaha yang tetap stuck gitu-gitu aja. Itu kenapa? Mereka tidak mau panjat sosial dengan cara mengembangkan jaringan,” ujarnya.

Ditambahkan Koh Alex, mereka tidak tahu bahwa berjejaring adalah kekuatan yang sangat sangat hebat. “Maka dari itu aku bilang ke kalian kalau bisa buat jaringan seluas kamu bisa, itu bakal kamu rasain dampaknya nanti,” ungkap aMrazing ketika dijumpai KRjogja.com. (Diah Ayu KW)

BERITA REKOMENDASI