Alffy Rev Masukkan Tembang ‘Maskumambang’ di Lagu EDM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Musisi Electronic Dance Music (EDM) yang saat ini tinggal di Yogyakarta, Alffy Rev merilis sebuah single terbaru melalui platform YouTube pada 9 Juni 2020 lalu. Menariknya, Alffy memasukkan tembang Maskumambang dalam lagu yang diberi judul Mother Earth ini.

Lagu Mother Earth dikemas dengan sangat luar biasa komplit baik audio visualnya. Teknik Computer Generated Imagery (CGI) digunakan dalam klip video yang luar biasanya dikerjakan seluruhnya di rumah saat pandemi Covid.

Dalam sebuah wawancara bersama Anji, Alffy mengungkap klip video dibuat selama tiga bulan dengan menggunakan tiga editor. Ia berkreasi liar setelah melihat ambience dari lagu Mother Earth yang juga jadi single keenam selama berkarier di musik EDM.

“Aku bahkan ganti scene di hari H rilis karena merasa kurang maksimal. Kurang 1,5 jam dari rilis bisa selesai, akhirnya jadilah video klip Mother Earth,” ungkap musisi kelahiran Trawas Mojokerto yang datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan kuliah ini.

Lagu Mother Earth sendiri menceritakan tentang dunia yang dilanda sebuah virus yang related dengan pandemi Virus Corona saat ini. Namun, hadirnya Dewi Sri yang menjadi sosok dewi kehidupan bisa mengembalikan dunia seperti yang seharusnya.

Menarik lagi, Alffy memasukkan lirik salah satu Tembang Macapat yakni Maskumambang yang memang dinilai cocok menggambarkan situasi nelangsa masyarakat yang begitu luar biasa terdampak pandemi Covid. Ia menulis lirik perpaduan Bahasa Inggris dan Jawa bersama istrinya, Linka dan memilih suara penyanyi Kaye untuk lagu tersebut.

“Aku memang ingin menggambarkan situasi luar biasa pandemi Covid ini, kali ini dari sisi masyarakat yang kelaparan karena situasi sekarang,” imbuh musisi bernama asli Awwalur Rizqi Al Firori ini.

Lagu yang diunggah melalui kanal Alffy Rev sendiri sampai saat ini sudah ditonton hingga 1,1 juta pengguna Youtube. Perpaduan audio dari lagu dan visual video klip banyak mendapat pujian warganet di platform Youtube. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI