Almarhum Yunahar Ilyas Sampaikan Islam “Rahmatan Lil Alamin”

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga Wakil Ketua Umum MUI Prof Yunahar Ilyas tutup usia, Kamis (2/1/2019) malam pukul 23.47 WIB di RSUP Dr Sardjito. Almarhum meninggal setelah sebelumnya dirawat akibat penyakit ginjal yang dialami. Sedianya almarhum hendak melaksanakan cangkok sebelum akhirnya meninggal dunia.

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan sosok almarhum Prof Yunahar merupakan pribadi yang ilmu agamanya sangat dalam dan luas khususnya dalam tafsir. Haedar mengungkap almarhum Prof Yunahar memahami Al Quran dan Hadist dengan begitu dalam dan akan terus dikenang sampai kapanpun.

“Beliau memahami Islam yang Rahmatan Lil Alamin dan itu tertuang dalam sikap, tindak dan akhlaknya yang selalu mencerminkan apa yang dipahami dalam agama. Perlu menjadi contoh, ilmu yang dalam dan luas menyinari kehidupan sehari-hari. Keluarga dan anak-anak tercinta akan selalu mengenang kebaikan beliau. Kita semua melepas beliau dengan keikhlasan dan tawakal,” ungkap Haedar.

Sementara Ketua MUI Din Syamsudin berharap agar di tubuh Muhammadiyah muncul penerus Prof Yunahar yang mampu mewujudkan warna dalam kehidupan Islam tak hanya secara nasional saja namun dunia. “Beliau ikut aktif terlibat dalam kegiatan di dunia Islam, karena itulah diharapkan pada kader Muhammadiyah untuk lahir Prof Yunahar baru. Muhammadiyah, MUI dan umat Islam memerlukan figur ulama yang selain luas dalam pemahaman Keislaman tapi juga bisa menjadi uswatul khasanah,” ungkap Din.

Jenazah Yunahar dimakamkan di Pemakaman Karangkajen Kota Yogyakarta setelah disemayamkan di Masjid Gedhe Kraton Yogyakarta Kauman. Almarhum meninggal di usia 63 tahun, meninggalkan satu istri dan empat orang putra-putri. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI