Alokasi Anggaran Jaminan Pendidikan Daerah Bakal Ditambah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini menuntut adanya perluasan sasaran Jaminan Pendidikan Daerah (JPD). Alokasi anggaran pun kelak akan ditambah melalui perubahan APBD 2021. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Yogya Budi Santoso Asrori, mengungkapkan saat ini alokasi JPD mencapai Rp 27 miliar.

“Itu sementara dan nanti kita coba tambah saat APBD perubahan. Sudah menjadi komitmen bersama dewan untuk memperhatikan aspek pendidikan warga kota,” jelasnya.

Program JPD selama ini selalu digulirkan untuk mengantisipasi permasalahan terkait pendanaan di bidang pendidikan. Penerimanya tidak hanya bagi pemegang kartu Keluarga Menuju Sejahtera (KMS) melainkan juga bagi mahasiswa atau pelajar berprestasi tingkat wilayah.

Budi mengaku, pemegang KMS tahun ini diinformasikan ada penambahan dibandingkan tahun lalu. Otomatis kebutuhan untuk jaminan pendidikan mereka juga akan lebih besar dari tahun lalu.

“Tetapi nanti tetap ada verifikasi. Data KMS yang baru kan masih dikonsolidasikan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Kami pun akan mendapat tembusannya,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI