Alumni SMAN 4 Yogya Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Alumni SMA Negeri 4 (Patbhe) Yogyakarta (Angkatan 1970) bekerja sama dengan Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM/RSUP Dr Sardjito dan Gema Samara mengadakan bakti sosial berupa pemeriksaan mata gratis di Masjid Al-Mahkamah, kompleks Pengadilan Tipikor, Jalan Prof Dr Soepomo SH, Janturan Muja Muju Yogyakarta, Sabtu (14/12/2019). Bagi alumni, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Lustrum XIV SMAN 4 Yogya.

Indro Sulisyo, selaku pemrakarsa kegiatan sekaligus almuni SMA 4B Angkatan 1970 mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah warga Muja Muju dan Glagahsari terdiri anak-anak, remaja, dewasa dan lansia yang jumlahnya ratusan. Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kacamata gratis untuk anak-anak yang mengalami mata minus serta penyuluhan tentang kesehatan mata. "Kami prihatin dengan banyaknya anak-anak yang mengalami mata minus karena terlalu banyak bermain gadget, sehingga menyebabkan pretasi belajarnya menurun. Kita beri kacamata gratis supaya bisa belajar dengan baik," kata Indro kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Ketua Oftalmologi Komunitas, Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKKMK UGM sekaligus dokter spesialis mata RSUP Dr Sardjito, Prof dr Suhardjo SU SpM(K) mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya untuk deteksi dini kelainan mata pada anak usia sekolah. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum mengerti mengenai masalah kesehatan mata, sehingga perlu mendapat penyuluhan. Dalam kegiatan ini pihaknya menurunkan 9 personel terdiri 6 dokter dan 3 nondokter. "Bagi anak yang mengalami gangguan mata seperti mata minus kita beri kacamata gratis. Sedangkan bagi dewasa atau lansia yang menderita penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan kita rujuk ke RSUP Sardjito untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Surono dari Gema Samara sekaligus Takmir Masjid Al-Mahkamah mengatakan, Gerakan Masyarakat Sakinah Mawadah Warohmah (Gema Samara) meliputi tiga masjid yaitu Al-Mahkamah, Al-Kautsar dan Al-Badar. Bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan mata ini sangat bagus untuk deteksi dini sehingga jika diketahui terdapat gangguan penglihatan pada anak bisa segera diambil tindakan medis. "Tak bisa dipungkiri penggunaan gadget yang berlebih bisa mengganggu penglihatan mata. Semoga dengan bakti sosial ini masyarakat lebih peduli dengan kesehatan matanya," katanya. (Dev)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI