Alumni UGM Perkuat Pembangunan Manusia Indonesia

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Peran alumni Universitas Gadjah Mada sangat dibutuhkan oleh masyarakat, bangsa dan negara dibanyak bidang. Saat ini pemerintah sedang fokus dalam hal pembangunan manusia, oleh karenanya para alumni UGM yang tergabung dalam Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dituntut mampu menunjukkan kepeloporannya dalam menghadapi persoalan kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan dan ketimpangan. Demikian dikatakan Ketua Umum PP Kagama Ganjar Pranowo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat Kagama di Balai Senat UGM Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). 

Menurut Ganjar, beberapa waktu terakhir, bangsa Indonesia banyak dilanda bencana alam, mulai gunung meletus, banjir, gempa bumi maupun tsunami. Dalam kondisi seperti itu, Kagama harus siaga dan mampu tampil berkontribusi dalam upaya penanggulangan bencana. Kemudian memasuki tahun politik, anggota Kagama dituntut bisa menjadi perekat persaudaraan dan persatuan bangsa. "Kagama harus memperkuat solidaritas sosial dan menggiatkan gotong-royong," ujarnya. 

Sedangkan Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono MEng DEng berharap Rakernas Kagama bisa menjadi inspirasi untuk terus mengabdi pada bangsa dan negara. Dia berpesan kepada seluruh anggota Kagama untuk selalu mengedepankan nilai-nilai ke-UGM-an dan ke-Indonesia-an. Selain itu menjunjung jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas kerakyatan dan universitas pusat pengembangan kebudayaan.

Disela rakernas, dilakukan peluncuran 'KagamaPay', sebuah aplikasi e-Wallet berbasis android dan IOS untuk mendukung kebutuhan e-commerce alumni, hasil kerja sama Kagama dan PT Bank Negara Indonesia (BNI). Pelucuran KagamaPay ditandai penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Sekjen PP Kagama AAGN Ari Dwipayana dan Wakil Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI, Ahmad Salman Somantri. 

Ari Dwipayana mengatakan, KagamaPay merupakan sebuah inovasi yang dibangun Kagama menyambut era industri 4.0. Kehadiran KagamaPay diharapkan dapat mendukung kebutuhan e-commerece para alumni. Selain itu memfasilitasi para anggota Kagama dalam berinteraksi antarsesama anggota, membangun solidaritas sosial serta update berita Kagama. "Anggota Kagama bisa memanfaatkan KagamaPay untuk berinteraksi, membangun solidaritas sosial atau untuk kepentingan pembayaran," katanya. 

Ahmad Salman Somantri meengatakan kerja sama ini merupakan bentuk nyata dukungan BNI bersama Kagama dalam memberikan solusi layanan keuangan secara komprehensif kepada para alumni anggota Kagama. "Semoga dengan adanya aplikasi KagamaPay ini sinergi dan rasa kekeluargaan antaranggota Kagama semakin erat," tuturnya. 

Aplikasi KagamaPay dapat digunakan untuk transaksi pembelian pulsa/paket data, membayar tagihan listrik, PDAM, iuran BPJS. Bisa juga digunakan untuk membangun jejaring antaranggota Kagama, berdonasi sosial untuk bencana alam, beasiswa serta update berita maupun kegiatan Kagama melalui fitur news dan event. (Dev)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI