Alvin Fauzie Gelorakan Kembali “Foto Analog” di Era Digital

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Nama Alvin Fauzie dengan brandnya Alvin Photography mungkin sudah dikenal luas khususnya untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Anak muda yang baru saja meresmikan lokasi studio baru di kawasan Jalan Candrakirana Terban Yogyakarta, Minggu (25/3/2018) ini ternyata sedang mencoba menggelorakan kembali keindahan foto analog (film) yang mungkin sudah ditinggalkan sejak muncul era digital awal 2000-an lalu. 

Ditemui wartawan di sela syukuran studio baru, Alvin mengungkap bahwa saat ini di Amerika dan Eropa trend menggunakan kamera foto analog sedang kembali mencuat di kalangan fotografer. Menurut dia, beberapa hal menarik menjadi alasan mengapa orang kembali ke kamera analog di mana salah satunya tone warna yang berbeda dari digital. 

“Sekarang di Amerika misalnya, orang lebih senang mendokumentasikan foto wedding dengan kamera analog karena tone warna yang berbeda. Kamera analog juga bisa membuat efek bokeh yang menarik dan tak bisa dibuat oleh kamera digital jadi memang banyak yang suka,” ungkap pemuda yang menyabet pemenang wirausaha Mandiri 2010 ini. 

Tak heran kemudian ia berusaha mempopulerkan kembali trend kamera analog untuk mendokumentasikan momen misalnya wedding atau pernikahan. Bali dan Yogyakarta yang memang menjadi pasar potensial akan digarap untuk berusaha kembali menggelorakan foto analog.

“Di Yogya belum ada jadi saya ingin mempopulerkan kembali misalnya untuk wedding, tapi tetap nanti filenya bakal digital kok hanya bakal berbeda hasilnya, lebih menarik,” sambung fotografer yang baru saja berkolaborasi dengan vendor wedding terbesar di Korea, IDO Wedding ini. 

Meski demikian, saat ini foto analog malah berbalik membutuhkan modal yang cukup mahal dibandingkan dengan digital. “Kalau saya wedding masih di angka Rp 17 juta karena untuk roll film dan cetak pindah digital mahal, tapi memang untuk hasilnya bakal berbeda dari digital,” ungkapnya lagi. 

Sementara di lokasi baru Terban tersebut Alvin memiliki tiga studio baru di mana satu diantaranya berada di luar ruangan, ia bekerjasama dengan rekan yang merintis usaha fotografi sejak awal. Alvin Photography sebelumnya menempati lokasi Taman Kuliner Condongcatur sebelum diminta pindah oleh pemkab Sleman. (Fxh)

 

 

BERITA REKOMENDASI