‘Ana Artine’, Saat Sumbu Imajiner Yogya Jadi Guratan di Kain

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Anak-anak muda Yogyakarta yang tergabung dalam Acuan Kreatif dan PT Marel Sukses Pratama berkolaborasi dalam gelaran pameran seni bertajuk ‘Ana Artine’ di Greenhost Boutique Hotel Prawirotaman, 4-11 Januari 2020. Menarik, empat buah kain dengan motif bertema Sumbu Filosofis Yogyakarta ditampilkan dengan karakter full colour dan segar hasil kreasi seniman muda Aprilia.

Erli Vani Wati, penggagas pameran yang juga owner kain Artine menyebut kolaborasi dengan seniman Aprilia merupakan tonggak awal kreasi Artine mengunggah makna dari Yogyakarta. Menurut dia, di seri pertama ini Artine mengangkat sumbu filosofis Yogyakarta yakni Merapi, Tugu, Kraton dan Pantai Selatan dalam guratan gambar kain.

“Ada cerita filosofi dari empat kain sumbu filosofis yang disampaikan ini dan harapannya bisa membawa warna baru, dengan kain dari digital printing. Seniman yang kita pilih diberi kebebasan merespon ide dari sumbu imajiner Yogyakarta, dia boleh eksplore dan akhirnya tercipta kain menarik ini,” ungkapnya pada wartawan di sela pembukaan Sabtu (04/01/2020).

Roro Tyas Dwi Karina, Brand Developer Acuan menambahkan di pameran yang menggandeng Narajiwa creative untuk menggarap desain dan video mapping tersebut pengunjung akan mendapatkan pengalaman bersinggungan secara menyeluruh dengan kain-kain dengan tema besar Sumbu Filosofis Yogyakarta. Yogyakarta yang merupakan tempat sarat akan nilai-nilai adiluhung yang terpelihara hingga detik ini, coba digarap dengan memadukan seni kontemporer digital.

“Makna-makna di balik peninggalan nilai dan budaya Yogyakarta sangat menarik untuk didalami dan diimplementasikan sebagai upaya untuk menjadi manusia yang lebih baik. Artine ini akan terus bergerak maju kedepan, dengan ide-ide yang terus baru mengeksplorasi Yogyakarta,” imbuhnya.

Seri Sumbu Filosofis sendiri menjadi pembuka ide-ide lain kedepan dari Artine. “Kedepan akan ada seri huruf Hanacaraka yang mungkin akan diluncurkan empat bulan kedepan,” ungkapnya menambahkan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI