Anak-Anak Muda Jogja Bikin ‘Chatbot Pintar’, Permudah Kerja Customer Service

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Anak-anak muda Yogyakarta yang berada di bawah naungan Widya Wicara, perusahaan teknologi suara berbasis Artificial Intelligence (AI) kembali mengeluarkan produk bermanfaat. Setelah sukses dengan speaker pintar kini Widya Wicara menelurkan teknologi chatbot yang dapat membantu pengembangan bisnis melalui layanan pelanggan atau customer service.

Linawati, Direktur PT Widya Informasi Nusantara menyampaikan, Chatbot Widya Wicara dikembangkan untuk menambah product skill serta menunjang kebutuhan produk smart speaker Widya Wicara Prima. Di sisi lain, pihaknya juga melihat kebutuhan chatbot di market yang semakin meningkat.

“Prospek teknologi chatbot akan terus meningkat, karena simplifikasi di sisi human resource dan meningkatkan efisiensi dan customer satisfaction. Ini mengapa kami membuat chatbot dengan teknologi berbasis Natural Language Processing (NLP) yang dapat memahami konteks percakapan, kemudian memberikan jawaban atau melakukan pekerjaan sesuai data yang diinput pada sistem,” ungkapnya dalam rilis tertulis pada KRjogja.com, Kamis (1/7/2021).

Chatbot Widya Wicara, dibuat untuk membantu customer service menyelesaikan masalah bisnis, memberi solusi pada pelanggan dalam waktu singkat, menjawab pertanyaan yang berisi informasi sama, mengerjakan pekerjaan berulang hingga menanggapi komplain pelanggan. Hal inilah yang membuat chatbot menjadi salah satu rahasia mendongkrak kepuasan pelanggan hingga 64 persen serta mendorong peningkatan kualitas bisnis.

“Chatbot Widya Wicara dilengkapi dengan teknologi intent, entity, serta classification service, yang membuatnya dapat memahami konteks percakapan lebih baik, akurasi jawaban lebih akurat, dan menghasilkan percakapan lebih natural seperti berbicara dengan manusia. Chatbot ini bisa menjangkau pelanggan lebih banyak dan cepat, layanan tanpa henti 24/7, otomasi menjawab pertanyaan repetitif, hingga efisiensi biaya customer support. Chatbot ini dapat dikoneksikan dalam website resmi dan berbagai platform pesan instan seperti whatsapp, LINE, dan telegram untuk menjangkau pelanggan lebih luas,” sambungnya.

Chatbot Widya Wicara sendiri dapat digunakan untuk mendukung kinerja customer service dalam berbagai industri, mulai keuangan, perbankan, asuransi, smart city service, human resource, kesehatan dan kecantikan. “Kami mengembangkan untuk mendukung berbagai industri. Harapannya bisa membawa manfaat sekaligus meningkatkan bisnis lebih baik lagi,” pungkas dia. (Fxh)

Salah satu contoh kinerja chatbot karya Widya Wicara (ist)

 

 

BERITA REKOMENDASI