Anak Muda Se-Indonesia Bersihkan Sampah di Pantai 10 Provinsi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 diperingati setiap 21 Februari, tepat hari ini. KFC Indonesia berkolaborasi dengan anak-anak muda Marine Debris Ranger (MDR) dan Divers Clean Action (DCA) melakukan bersih-bersih pantai-laut di 10 provinsi Indonesia.

Pantai dan laut di wilayah Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku dan Maluku Utara dibersihkan secara bersamaan hari ini. Berbagai kegiatan dilakukan dalam program ini seperti Beach Clean Up dan Sampling Sampah Pesisir, Sampling Rumah Tangga, Edukasi Sekolah, Door To Door Edukasi, Workshop Warga, dan membuat Media Kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi serta mengelola sampah.

Sejak awal dilaksanakan pada bulan Maret 2020 program Marine Debris Ranger telah melakukan bersih pantai dan laut sebanyak 49 kali, melakukan edukasi dan workshop sekolah sebanyak 13 kali yang melibatkan lebih dari 1.000 murid mulai dari tingkat SD hingga SMA, juga edukasi dari rumah ke rumah dengan menemui lebih dari 1.300 kepala keluarga. Sementara sebanyak 883 orang telah mengikuti workshop atau pelatihan untuk warga.

Eric Leong, Chief Executive Officer PT Fast Food Indonesia Tbk, pemegang waralaba KFC di Indonesia mengatakan pihaknya turut aktif ambil bagian bersama pemerintah untuk peduli penanganan sampah. Menurut data yang dirilis World Bank pada tahun 2015, Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan pengelolaan sampah terburuk dan tercatat sebagai negara penyumbang sampah ke laut terbesar kedua di dunia.

“Pada tahun 2017, lewat brand KFC Indonesia, PT Fast Food Indonesia, Tbk menggaungkan kampanye #NoStrawMovement yaitu program pengurangan sampah sedotan plastik sekali pakai. Dalam kampanye tersebut PT Fast Food Indonesia, Tbk membatasi penggunaan sedotan plastik dengan tidak menyediakan sedotan plastik sekali pakai di seluruh gerai KFC Indonesia. Program itu mampu menekan pengunaan sedotan plastik sekali pakai secara signifikan,” ungkapnya pada wartawan melalui rilis tertulis, Senin (21/02/2022).

Sejak 2007 melalui program “KFC Green Action”, brand ayam goreng ternama ini telah melakukan penanaman sejuta pohon di seluruh Indonesia. Kali ini mereka semakin menegaskan komitmen dengan menggelar bersih pantai dan laut di 10 provinsi Indonesia.

“Kami sangat senang karena kampanye #NoStrawMovement memberi dampak positif kepada masyarakat khususnya konsumen KFC dalam penggunaaan sedotan plastik sekali pakai. Hal itu yang mendorong KFC Indonesia untuk mendukung program lanjutan yang diinisiasi oleh Divers Clean Action, yaitu Marine Debris Ranger pada bulan Maret 2020. Program ini berusaha menjangkau masyarakat dengan lebih luas dalam penanggulangan sampah terutama di daerah pesisir yang sampai hari ini telah 49 kali dilakukan,” sambungnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI