Ancaman Awan Panas Merapi Masih Bisa Terjadi, BPPTKG Minta Masyarakat Sabar

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Aktivitas erupsi Merapi masih terus terjadi hingga saat ini meski data seismik dan deformasi mengalami penurunan signifikan. BPPTKG pun meminta masyarakat untuk bersabar menghadapi situasi erupsi Merapi kali ini yang bersifat efusif.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan saat ini kubah lava baik di sisi barat daya maupun tenggara (tengah) masih terus mengalami pertumbuhan. Kubah di barat daya yang selama ini menjadi lokasi erupsi misalnya, kini terhitung memiliki volume 350 ribu meter3 per 15 Februari 2021.

“Volume kubah lava yang di barat daya, atau lereng kawah 1997 350 ribu meter3 sampai saat ini. Sementara untuk yang ditengah (tenggara) sampai saat ini belum bisa diukur karena kami kesulitan menerbangkan drone. Namun dari pengamatan belum ada guguran material ke arah tenggara bukaan kawah sehingga mungkin guguran masih di dalam, pertumbuhan relatif kecil,” ungkap Hanik Senin (15/2/2021) petang.

Terkait data seismik dan deformasi, Hanik menyatakan mengalami penurunan. Tetapi suplai magma dari dalam masih terjadi sehingga kubah lava mengalami pertumbuhan meski suplai sangat pelan.

BERITA REKOMENDASI