Andong dan Becak Masuk Malioboro Wajib Dilengkapi Sekat Penumpang

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Formulasi penerapan protokol baru di kawasan Malioboro terus digodok. Setelah beberapa waktu lalu protol pencegahan Covid-19 diberikan kepada para pengunjunga, kini penerapan serupa akan diberlakukan bagi andong dan becak kayuh

Protokol baru bagi andong dan becak kayuh membutuhkan waktu berkaitan dengan modifikasi pada armadanya. Penerapannya masih ditoleransi hingga pekan depan sembari memberikan waktu untuk penyesuaian.

Modifikasi armada itu antara lain dengan membuat sekat atau tirai antara pengemudi dengan penumpang. Tirai dapat berupa plastik tipis maupun bahan lain yang sejenis. Selebihnya ialah standar protokol seperti menggunakan masker, menyediakan hand sanitizer serta face shield bagi pengemudi.
Sementara untuk jumlah penumpang, idealnya tetap ada pembatasan seperti becak hendaknya cukup satu penumpang serta andong tidak lebih dari empat penumpang.

“Sudah ada kesepakatan mulai pekan depan harus sudah menerapkan protokol. Jika tidak ya ‘nuwun sewu’ akan kita ‘kondurkan’ (dikembalikan),” tegas Kepala UPT Malioboro, Ekwanto kepada KRJOGJA.com, Kamis (18/06/2020).

BERITA REKOMENDASI