Angka Perceraian di DIY Dalam Setahun Capai 5.700 Kasus

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Setiap tahunnya pernikahan di DIY mencapai lebih dari 25 ribu pasang pengantin dengan perceraian rata-rata 5.700 kasus. Hal ini menjadi perhatian Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY dengan menggelar Sosialisasi Aplikasi Konseling Digital (Akida) sekaligus launching 2 buku Jurnal Penghulu dan Romantisme Sang Penghulu, Jumat (18/12/2020) pagi di Hotel Matahari Yogya.

“Akida telah dilaunching dengan penandatanganan aksi bersama dengan tema Mewujudkan Ketahanan Keluarga Melalui Konseling Hirarki pada Program Pusat Keluarga Sakinah di DIY, Kamis (03/12/2020) di Hotel Sahid Babarsari Yogyakarta,” tutur Kakanwil Kemenag DIY Drs H Edhi Gunawan MPdI saat membuka acara.

Selanjutnya sebagai upaya meningkatkan potensi profesi penghulu dapat di tempuh dengan pembuatan karya tulis di bidang Kepenghuluan dan Hukum Islam. “Harapannya buku Jurnal/Antologi Penghulu, bermanfaat sebagai wadah pengembangan ekspresi diri melalui gagasan pemikiran, pendapat, kritisi yang membangun,” tegas Edhi.

Sementara Kepala Seksi Kepenghuluan dan Fasilitasi Bina Keluarga Sakinah Dr H Nur Ahmad Ghojali MA kepada KRJogja.com menyebutkan sosialisasi Akida, aplikasi konseling digital ini diikuti 33 penghulu/konselor dari masjid, kelurahan, dan kecamatan yang menjadi piloting program KUA Pusaka Sakinah. “Termasuk diantaranya juga penulis buku yang dilaunching,” jelasnya

Disebutkan 5 kecamatan piloting di DIY yaitu Depok (Sleman), Sewon (Bantul). Umbuljarjo (Yogya), Wonosari (Gunungkidul) , Pengasih (Kulonprogo). “Materi Ketahanan Keluarga disampaikan Direktur Bina KUA dan Kelurga Sakinah Kemenag RI Dr H Muharram PhD, dan Uji Publik oleh Kundiarto SE dan Kasubag TU Ditjen Bimas Islam Rahmawati Wahdiansyah SH,” jelasnya. (R-4)

BERITA REKOMENDASI