Angkutan Publik Didorong Jadi Moda Transportasi Prioritas

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mendorong angkutan massal atau angkutan publik menjadi moda transportasi prioritas di DIY nantinya. Untuk itu, Dishub DIY berupaya meningkatkan pelayanan, fasilitasi infrastruktur, peningkatan keamanan maupun kenyamanan, kebijakan pro angkutan umum, kemudahan akses hingga daya jangkau guna memberikan kemudahan bagi pengguna angkutan publik.

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengakui kompetitor angkutan publik darat, dalam hal ini Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) adalah angkutan online. Hal ini didukung perilaku masyarakatnya untuk menuju suatu tempat dengan mudah dan tidak banyak kehilangan waktu, bahkan kalau bisa diantar sampai depan pintu.

“Jadi persoalannya dari sisi kita, masyarakat tidak hanya cari kemudahan tetapi sekaligus memilih moda transportasi yang cepat agar tidak kehilangan waktu menunggu bus dan sebagainya. Saya kira Pemda DIY telah memberikan kemudahan bagi pengguna angkutan publik,” katanya kepada KR di Bangsal Kepatihan, Rabu (3/3).

BERITA REKOMENDASI