Antisipasi Gejolak Harga, Bulog Siapkan OP

YOGYA (KRjogja.com) –  Perum Divre Badan Urusan Logistik (Bulog) DIY telah memastikan ketersediaan stok beras menghadapi kebutuhan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 nantinya. Bahkan, bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terkait akan menggelar operasi pasar (OP) pada Desember 2016 dengan sasaran masyarakat maupun pedagang untuk mengantisipasi gejolak harga komoditas pangan akhir tahun. 

Kepala Perum Divre Bulog DIY, Miftahul Adha mampu menyerap hingga 56.000 ton setara beras atau Gabah Kering Giling (GKG) per pertengahan November 2016. Sedangkan untuk stok beras di DIY diproyeksikan cukup selama tujuh bulan hingga April 2017 mendatang.

"Serapan maupun stok beras di DIY akhir tahun ini sangat aman hingga pada panen mendatang. Termasuk untuk pemenuhan kebutuhan akhir tahun ini, kami bersama Pemda DIY akan melakukan kegiatan pengamanan harga dan antisipasi pengelolaan harga melalui kerjasama OP nantinya," kata Miftahul kepada KRjogja.com, Kamis (24/11/2016).

Miftahul mengungkapkan dengan ketersediaan stok beras yang mencukupi dan cenderung surplus, Bulog DIY telah berhasil mengirimkan 10.000 ton beras keluar DIY. Beras kualitas medium dari DIY tersebut dikirimkan ke Sumatera Utara, Bali dan lain-lain.  (Ira) 

BERITA REKOMENDASI