Apa Sih Maksud Lockdown yang sering terdengar saat ini ?, Berikut Penjelasannya

AKHIR – akhir ini kata Lockdown sering akibat serangan virus corona atau corvid 19. Bahkan, beberapa negara sudah melakukan kebihakan tersebut. Lalu, apa sih yang dimaksud lockdown itu sendiri?

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber Lockdown adalah situasi dimana orang tidak diperbolehkan untuk masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan dengan bebas karena alasan sesuatu yang darurat. (Cambridge). Dalam kasus penanganan virus corona lockdown efektif dengan kebijakan pemerintah untuk menutup sejumlah public meeting atau kerumunan yang berpotensi menularkan Virus Corona.

Transportasi publik dihentikan. Toko ditutup. Sekolah diliburkan. Dan sejenisnya. Terkecuali public service yang keberadaannya menjadi denyut nadi kehidupan seperti layanan kesehatan, rumah makan dan food market yang menyediakan kebutuhan harian.

Sebagaimana dilakukan Anies Baswedan, Gubernur DKI sudah memulai langkah. Sejumlah tempat wisata seperti Monas, Ragunan dan Ancol ditutup untuk dua minggu kedepan. Tak menutup kemungkinan akan menyusul tempat-tempat public interaction yang lain. Anies juga minta semua warga Jakarta tidak keluar rumah kecuali untuk kebutuhan yang sangat urgent. Ini tanda, kebijakan lockdown sudah dicicil.

Secara nasional, itu kewenangan pemerintah pusat. Wilayah DKI, Anies punya tanggung jawab sekaligus kewenangan untuk lockdown jika diperlukan, mengingat ada enam kasus covid-19 di Singapura dan satu kasus di Australia yang diklaim penularannya dari Jakarta.

BERITA TERKAIT