Aplikasi SINAR Mudahkan Perpanjangan SIM

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Yogyakarta, Polda DIY berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Di masa pandemi Covid-19, selain memberikan dispensasi perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Satlantas Polresta Yogyakarta juga membuka layanan perpanjangan SIM melalui Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR).

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Chandra Lulus Widiantoro SIK melalui Kasubnit 2 Regident Ipda Arif Rahman, Sabtu (18/09/2021) menjelaskan Aplikasi SINAR merupakan aplikasi resmi dari Korlantas yang memberikan kemudahan kepada masyarakat terkait perpanjangan SIM secara online, yang dinamai Aplikasi SINAR.

Digital Korlantas Polri adalah aplikasi resmi dari Korps Lalu Lintas Polri, untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan. Aplikasi SINAR selaras komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan modernisasi sistem pelayanan publik.

Ipda Arif Rahman menuturkan Aplikasi SINAR khusus untuk melayani perpanjangan SIM golongan C dan A yang belum kadaluwarsa masa berlakunya, serta data NIK pemohon tervalidasi dengan data kependudukan. Pemohon SIM melalui Aplikasi SINAR harus memberikan data-data yang dijadikan persyarakatan, mulai dari KTP, hasil cek kesehatan, dan hasil tes psikologi. Tercatat hingga saat ini sudah 54 Satpas di Indonesia yang sudah mulai melayani perpanjangan SIM melalui Aplikasi SINAR.

Mengenai alur proses perpanjangan SIM melalui Aplikasi SINAR, sebagai berikut download aplikasi digital Korlantas melalui APP Store atau play store, kemudian verifikasi nomor handphone untuk mendapatkan one time passward (OTP) dan melakukan registrasi dengan mengisi NIK dan nomor SIM serta mengunggah foto KTP, SIM, dan swafoto pemohon. “Berikutnya pemohon memilih jenis perpanjangan SIM dan lokasi Satpas,” jelas Ipda Arif Rahman.

Ditambahkan, setelah itu pemohon melakukan verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi melalui aplikasi E-RIKKES & E-PPSI. Berikutnya pemohon mengisi rekening pengembalian/pembatalan dan mengupload pas foto dan tanda tangan.

Selanjutnya, pemohon memilih metode pengambilan/pengiriman (diambil sendiri, diwakilkan menggunakan surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman) sekaligus membayar PNBP melalui virtual account BNI. Setelah alur itu dijalani, pemohon menunggu peencetakan SIM.

“Pengiriman SIM menggunakan jasa pengiriman (PT Pos Indonesia). Jika SIM telah diterima, pemohon wajib mengkonfirmasi ke petugas,” jelas Ipda Arif Rahman.

Ipda Arif Rahman menambahkan perpanjangan SIM melalui Aplikasi SINAR juga bisa menekan penyebaran virus korona karena pemohon tidak harus ‘berkerumun’ di Satpas Pathuk Yogyakarta. Kehadiran pemohon hanya pada saat SIM sudah dicetak dan tinggal mengambil saja,” jelas Ipda Arif Rahman. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI