Apresiasi Lembaga Penyiaran, KPID DIY Berikan Penghargaan Khusus

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DIY memberikan penghargan khusus tahun 2021 kepada beberapa lembaga penyiaran dengan kategori yang sudah ditetapkan sebelumnya. Penghargaan ini sengaja diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada lembaga penyiaran yang sudah turut memajukan dunia penyiaan di DIY sesuai dengan amanat Perda DIY No 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

“Sudah dua tahun KPID DIY tidak menggelar Anugerah Penyiaran sebagai bentuk apresiasi kepada mereka karena pandemi Covid-19. Karena itulah meski terbatas, kami memiliki inisiatif memberikan penghargaan dengan kategori seperti yang sudah diamanatkan Perda DIY tentang Penyelenggaraan Penyiaran,” kata Ketua KPID DIY Dewi Nurhasanah, Senin (31).

Meski terbatas, tapi Dewi menegaskan penghargaan yang diberikan sudah sesuai kriteria karena berdasar data pengawasan. Sehingga penerima penghargaan memang layak disesuaikan dengan kategori yang ditetapkan tersebut.

Untuk penghargaan tahun 2021 ini, ada tujuh kategori dan penerima yang ditetapkan. Ketujuh penerima penghargaan tersebut, yakni Sonora FM Yogyakarta sebagai Radio yang Aktif Menyiarkan Informasi Kebencanaan Gempa Bumi tahun 2006, Jogja TV mendapat penghargaan khusus sebagai TV Lokal yang Konsisten Menyiarkan Konten Lokal Seni Budaya DIY.

Selain itu juga ada penghargaan khusus Radio yang Konsisten Menyiarkan Konten Lokal Seni BUdaya DIY kepada RRI Pro 4 Yogyakarta, TV SSJ yang Menyiarkan Program Siaran Lokal Terbanyak tahun 2020 bagi Global TV Yogyakarta serta TV SSJ yang Menyiarkan Program Siaran Lokal Terbanyak tahun 2021 untuk Trans 7 Yogyakarta. Penghargaan khusus sebagai TV Lokal yang menyiarkan Siaran ILM Covid-19 Mandiri Terbanyak diberikan kepada RBTV serta penghargaan sebagai TV SSJ yang Menyiarkan Siaran ILM Covid-19 Mandiri Terbanyak diterima Trans TV Yogyakarta.

Wakil Ketua KPID DIY Agnes Dwirusjiyati menambahkan, penghargaan ini diarapkan dapat memberikan motvasi kepada lembaga penyiaran lain di DIY agar terus memberikan siaran terbaik bagi masyarakat. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI