Arahkan Siswa Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 memaksa sekolah maupun perguruan tinggi menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara daring (online). Kondisi ini memberikan tantangan bagi pendidik (guru, dosen) untuk menyajikan konten materi belajar yang inovatif, tidak monoton, sehingga peserta didik tetap bergairah belajar dari rumah.

Sekretaris Pusat Kajian Inovasi dan Kebijakan Akademik UGM, Dr Sri Suning Kusumawardani mengatakan, seorang pendidik sangat penting menguasai ilmu pedagogi atau seni menjadi seorang guru, dan terus mengasahnya. Dengan menguasai ilmu pedagogi tersebut, guru atau dosen akan tahu betul karakter dan kebutuhan siswa, sehingga tepat dalam merancang strategi pembelajaran.

“Kadang guru atau dosen terlalu fokus pada konten materi pembelajaran, sehingga kurang memahami kebutuhan peserta didiknya. Konten penting tapi jangan lupakan misi pendidikan, yaitu guru atau dosen harus bisa menginspirasi siswa,” terang Sri Suning dalam webinar bertema ‘Belajar Asyik di Era New Normal’, Kamis (18/6/2020). Webinar diselenggarakan oleh Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Janabadra (FT UJB) dipandu moderator Dosen Teknik Informatika FT UJB, Fatsyahrina Fitriastuti SSi MT.

Dijelaskan Sri Suning, karakter generasi post-millennial (generasi Z) sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, yaitu menyukai visual dan berani mencoba (pembelajaran berbasis pengalaman). Hal ini harus dipahami guru/dosen, sehingga strategi pembelajaran yang dirancang selalau inovatif dan menarik, tidak melulu memberi tugas yang membuat bosan siswa.

BERITA REKOMENDASI