Aransemen “Kolam Susu” Koesplus Bisa Dapat Rp 30 Juta? Ini Syaratnya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Yayasan ATSANTI (Atma Nusvantara Jati), bersama Komunitas Seniman Nusantara, didukung oleh Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan Kebudayaan RI menyelenggarakan Lomba Aransemen Musik Nusantara Cinta Indonesia (LAMNCI) tahun 2020. Kali ini para peserta dari seluruh Indonesia ditantang mengaransemen lagu “Kolam Susu” ciptaan Yok Koeswoyo Koesplus menjadi garapan musik nusantara/daerah bernuansa baru dengan durasi 3 sampai 5 menit.

Ketua Yayasan ATSANTI, Nilo Wardhani dalam konferensi pers daring, Senin (14/9/2020) menyampaikan lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kaum milenial lewat seni musik tradisional dan membuat musik tradisional sebagai tren baru dalam jagad musik Indonesia. Menurut dia, saat ini semua pihak memiliki tanggung jawab untuk mengenalkan musik tradisi tanpa merusak nilai luhur kenusantaraan.

“Sebagaimana diketahui, kita semua berkepentingan membuat musik tradisional dapat diterima oleh generasi milenial tanpa merusak nilai luhur dan keaslian musik Nusantara. Harapannya, pamor dan semangat berkreasi para pelaku seni musik tradisional khususnya pada saat pandemi bisa dipulihkan kembali,” ungkapnya.

Sementara, Sari Koeswoyo yang didapuk sebagai ketua panitia LAMNCI menyebutkan, Indonesia adalah kepingan surga yang berada di Khatulistiwa dangan kekayaan khasanah musik tradisional Nusantara yang sudah sangat dikenal. Menurut perempuan yang dikenal sebagai penyanyi cilik era 70-an ini ritme musik nusantara dipadu dengan kidung Koesplus yang jadi lagu sepanjang jaman, akan menjadi hal istimewa untuk dikulik lebih dalam.

BERITA REKOMENDASI