Arinta, Anak Gajah di GL Zoo Rayakan Ulang Tahun Pertama

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Bayi gajah Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta yang lahir saat awal pandemi Covid-19, Kamis (25/03/2021) genap usia satu tahun. Arinta, nama bledug (anak gajah) berkelamin betina itu merayakan ulang tahun bersama puluhan pengunjung hari ini

Pengelola kebun binatang memberikan hadiah tumpeng berisi aneka jenis buah-buahan dan sayuran segar, seperti jeruk, apel, nanas, mentimun, tomat, wortel dan kacang panjang. Bledug Arinta memang menyenangi makanan-makanan itu, ditambah ia ditemani induk betina Shinta dan induk semangnya Cempaka.

Direktur Utama GL Zoo, KMT A Tirtodiprojo mengatakan, anak gajah betina tersebut merupakan hasil perkawinan dari dua gajah asal Sumatra, bernama Argo dan Shinta. Karena itu, nama anak gajah itu akhirnya diambil dari kedua indukan yakni Arinta.

“Namanya Arinta karena indukan dari Argo dan Shinta. Kami terus berusaha meraway anak gajah tersebut, harapannya nantinya tumbuh kuat dan sehat,” ungkapnya.

Tirto mengatakan, GL Zoo terus memantau perkembangan Arinta di mana anak gajah itu sekarang memiliki bobot 262 kilogram. Saat ini GL Zoo terus memantau kesehatan Arinta dan berusaha melakukan breeding untuk jenis satwa lainnya.

“Kami sedang laksanakan breeding atau pembiakan satwa secara terprogram. Kita akan mengembangkan breeding untuk jenis satwa lainnya. Sekarang ini memang untuk Arinta kita fokus supaya bisa menyatu dan nantinya hidup berkelompok seperti di habitat aslinya,” tandas pria yang akrab disapa Joko ini.

GL Zoo sendiri mulai buka kembali sejak awal Agustus tahun lalu, dengan jumlah pengunjung yang naik-turun. Namun sebulan terakhir, jumlahnya mulai stabil dengan rerata 500 orang per-hari dan 1000 sampai 2000 orang di akhir pekan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI