Armada Kereta Api Jarak Jauh Diperbanyak untuk Hadapi Nataru

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, penumpang kereta api jarak jauh meningkat pada tahun 2019. Hal itu disampaikan saat dirinya meninjau kesiapan stasiun Tugu di Yogyakarta untuk beroperasi pada periode Nataru.

Meskipun tidak menyebutkan angka kenaikan penumpang secara spesifik, Menhub menyatakan kenaikan penumpang tercermin dari penambahan jumlah armada kereta jarak jauh sebanyak 4 persen.

Berdasarkan hasil evaluasi terjadi peningkatan untuk kereta api jarak jauh, dalam Nataru memang yang terpenting adalah kereta api jarak jauh, peningkatan tersebut sejalan dengan peningkatan armada sebesar 4 persen dari tahun 2018 lalu sehingga terserap dengan baik," tutur Budi, mengutip keterangan pers, Minggu (29/12/2019) malam.

Dalam kunjungannya ke Stasiun Tugu, Menhub melihat kesiapan operasional terminal penumpang dan kereta inspeksi. Dirinya menekankan agar PT KAI bisa secara intensif meningkatkan kapasitas penumpang.

"Kita akan meminta PT. KAI secara intensif untuk meningkatkan kapasitas penumpang agar kami dapat memikirkan rute-rute strategis yang dapat dilalui kereta api," ujarnya.

Selanjutnya, pada hari ini Senin (30/12/2019) dan Selasa (31/12/2019) mendatang, Menhub akan meninjau daerah Cipali.

"Hari Senin dan Selasa nanti saya akan meninjau Cipali, karena kita perkiraan daerah Cipali yang paling padat nanti, oleh karenanya saya menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik agar mempersiapkan diri dengan baik agar perjalanan berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI