Artine Kain Kenalkan Edisi Tetarian, Inspirasi Golek Menak hingga Kuda Gadhingan

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Artine, salah satu brand kain dari Yogyakarta mengenalkan edisi terbaru kreasi mereka. Beberapa bentuk kain dikreasi terinspirasi dari kebudayaan tari-tarian khas budaya Yogyakarta.

Tari Golek Menak, Tari Bedaya Sapta, Tari Bedaya Tirta, Tari Serimpi Muncar dan Tari Kuda Gadhingan mencoba dituangkan dalam kreasi motif kain. Tarian klasik gaya Yogyakarta dengan seni ragam olah tubuh dengan falsafah hidup di dalamnya berupaya diwujudkan dalam sisi lain.

“Seni tari tradisional merupakan ekspresi jiwa nan indah. Menari bukan hanya menggerakkan badan semata, tapi di dalamnya tersirat beragam makna penting tentang nilai-nilai luhur budaya. Keinginan untuk mengangkat nilai-nilai dan khazanah kebudayaan dari Tetarian itu sendiri menjadi motivasi utama Artine untuk berupaya memvisualisasikan beragam makna dari tarian Yogyakarta ke dalam bentuk busana dan kain yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” ungkap Erli Faniwati, founder Artine, Sabtu (20/3/2021).

Erli menilai, saat ini masyarakat mulai melupakan nilai dan budaya tari, yang sebenarnya memuat berbagai hal tentang falsafah kehidupan. Hal itu yang menjadi latar Artine memperkenalkan kembali Tari Yogyakarta.

BERITA REKOMENDASI