Artjog Seni Kebanggaan Yogyakarta

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai gelaran seni paling ditunggu setiap tahun, Artjog kian memantapkan diri sebagai festival seni rupa kontemporer internasional. Pasalnya, selain menonjolkan transaksi, Artjog turut menampilkan karya seni lain, seperti musik, fesyen, desain hingga film. Seperti yang terjadi di pembukaan Artjog 2019 (selanjutnya disebut Artjog MMXIX), para pengunjung dimanjakan dengan penampilan desainer Lulu Lutfi Labibi dan petikan gitar Dewa Budjana. 

Artinya, Artjog MMXIX dapat disebut sebagai ruang seni bersama bagi semua kalangan, termasuk para seniman muda. Seniman lain yang akan mengisi Artjog MMXIX juga berasa dari lintas disiplin, seperti Handiwirman Saputra, Riri Riza, Sunaryo, Teguh Ostentrik dan Piramida Gerilya. Kelimanya akan berkolaborasi dalam Special Project yang sayang dilewatkan para pecinta seni. Bertema ‘Common | Space’, Artjog MMXIX mengajak pengunjung untuk mengapresiasi alam lewat seni. Ketika masuk ke dalam ruang pamer, pengunjung disuguhkan karya Handiwirman Saputra yang didapuk sebagai Commissioned Artist Artjog MMXIX. Proyeknya tersebut bercerita tentang membangun taman. Tidak heran, ia menggali beberapa meter halaman depan Jogja National Museum (JNM) untuk mendapatkan visual yang nyata.

Selain taman milik Handiwirman,sebelum menuju pintu keluar, pengunjung bisa melihat instalasi bambu milik Sunaryo yang diibaratkan sebagai mesin waktu. Kali ini, Sunaryo mengajak siapapun yang melewati instalasi tersebut untuk terus berjalan tanpa berbalik arah apapun yang dihadapi di depan. Tak hanya dibanjiri oleh para pengunjung yang sudah mengantri sejak sore,

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati juga hadir untuk menyaksikan langsung pembukaan Artjog MMXIX di Jogja National Museum (JNM), Kamis (25/7) malam. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani mengapresiasi Artjog sebagai gelaran seni konsisten yang mampu menggerakkan hati masyarakat untuk melihat. "Seni itu penyegaran bagi saya. Sehingga tidak ada yang baik maupun buruk. Dengan seni, saya tidak hanya melihat angka ataupun APBN saja,” ujarnya yang diiringi gelak tawa penonton.

Sebelum memberikan sambutan, Sri Mulyani ikut mengamati sejumlah karya di ruang pamer dari 39 seniman yang memeriahkan Artjog MMXIX. ”Dari sini, kita bisa menunjukkan rasa sayang kita kepada alam lewat seni,” tandasnya. (M-1)

BERITA REKOMENDASI