Arumanis Karakter Jadi Favorit Pengunjung Pasar Malam Sekaten

YOGYA, KRJOGJA.com – Jelang pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang akan resmi dibuka sore ini, Jumat  (2/11/2018) di Alun-alun Utara sudah dipenuhi pengunjung dan beragam pedagang makanan sejak beberap hari yang lalu. Satu yang cukup laris adalah stan makanan yang menjual arum manis raksasa.

Tempat ini menyediakan arum manis dengan 4  varian rasa yaitu orange, strawberry, soursop dan guava. Harga per bungkus beragam bentuk dengan karakter kartun ini dibandrol mulai dari harga Rp 20.000 –Rp 40.000.

“Meskipun harganya cukup merogoh kantong pelajar, namun kebanyakan pembeli yang ada di sini malah mahasiswa, mungkin karena disini kota pelajar ya. Padahal kalo di tempat-tempat lain biasanya yang banyak beli anak-anak,” tutur Sri Sumarti pemilik stan Arumanis Raksasa asal Boyolali.

Bahan dasar pembuatan arumanis karakter ini sama dengan arumanis pada umumnya yaitu gula murni dan pewarna makanan, namun terdapat keunikan dalam pegemasannya. Digunakannya onigiri (rumput laut yang dikeringkan) serta coco crunch yang dijadikan sebagai hiasan untuk menghidupkan karakter kartun yang dibuat.

Banyak pengunjung yang ikut mengantri panjang hanya untuk mendapatkan arumanis karakter yang disukai. “Kalau dilihat dari segi harga sih saya kira standar karena melihat ukurannya yang sebesar ini dan lucu gini, jadi saya pengin aja buat beli,” tutur Fajrin salah satu pengunjung PMPS

Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 2-19 November 2018, dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Ika Nur Vitaliya/  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). 

BERITA REKOMENDASI