Asal Mula Nama ‘Quick’, Pembuat Traktor Asal Yogya yang Mendunia

YOGYA, KRJOGJA.com – Quick adalah nama brand untuk mesin pertanian seperti traktor tangan roda dua, yang menguasai pasar mesin pertanian 70 persen di Indonesia. Ternyata nama Quick muncul dari sebuah peristiwa unik yang dialami pendirinya. 

"Jadi dulu itu ada pelanggan bapak yang membeli traktor protes, kok traktor yang ia beli tidak ada mereknya. Oleh pembeli itu, diusulkan nama 'Quick' yang diambil dari nama Tionghoa ayah saya yaitu Kwik," kata Direktur Utama CV Karya Hidup Sentosa (KHS) Hendro Wijayanto kepada KRjogja.com, Rabu (06/06/2018).

CV KHS sendiri sepenuhnya merupakan perusahaan yang dimiliki anak bangsa. Tidak ada satupun orang asing yang bekerja diperusahaan ini. Bodi dan suku cadang Quick diproduksi oleh KHS.

Sedangkan mesin dari Kubota yang merupakan pabrikan dari PT Kubota Indonesia, perusahaan Jepang di Indonesia yang CV KHS bekerjasama di dalamnya. Karena menggunakan mesin Kubota, imbasnya dulu banyak orang yang mengenal sebagai traktor Kubota, bukan Quick. 

Baca Juga : Quick Truck', Alat Angkut Sawit Buatan Yogya

Hasil produksi, terutama traktor sudah diekspor ke luar negeri seperti Nigeria, Namibia, Dominika, Panama, Fiji, Timor Leste, Madagaskar, Brunei dan lainnya. Bahkan menurut Hendro, saat ini KHS juga memroduksi berbagai macam spare part untuk perusahaan Jepang, termasuk perusahaan otomotif. 

Menurut Hendro, produk terbaru dari CV KHS adalah Quick Truck yang mulai diproduksi massal Oktober 2017. Ini sekaligus pernyataan bahwa bangsa Indonesia punya produk nasional yang berkelas internasional. "Biasanya produk otomotif didesain dan diproduksi negara lain. Padahal bangsa kita sendiri mampu. CV KHS ingin menunjukan produk Quick Truck yang 100 persen didesain dan diproduksi anak bangsa," ujar Hendro. (Apw)

 

 

BERITA REKOMENDASI