Asita DIY Ingatkan Jangan Salah Pilih

YOGYA (KRjogja.com) – Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) atau Asosiasi Perusahaan dan Biro Perjalanan Wisata Indonesia DIY mengungkapkan keprihatinannya terkait penipuan yang menimpa beberapa jemaah haji maupun umrah asal Indonesia.  Karena itu, mengingatkan agar masyarakat berhati-hati memilih dan memastikan legalitas biro perjalanan haji dan umrah dipilih agar tidak menyesal nantinya.

Ketua Asita DIY, Udhi Sudhiyanto menyampaikan banyaknya permintaan masyarakat muslim untuk melakukan ibadah umrah dan haji, menjadikan banyak tumbuh biro perjalanan untuk bisa menangkap peluang ini. Namun sangat disayangkan banyak dari mereka belum memiliki izin lengkap.

"Masih teringat jelas di ingatan kita banyak calon jemaah umrah terlantar atau bahkan ditipu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.  Bahkan kasus yang baru – baru ini terjadi adalah tidak bisa berangkatnya 177 jemaah haji Indonesia dan mereka tertahan di Filipina," ujar Udhi kepada KR, Kamis (25/08/2016).

Menurutnya kasus semacam ini akan sering terjadi apabila masyarakat tidak hati-hati dalam memilih biro perjalanan yang menanganinya. Untuk itu, Asita DIY sangat menghimbau kepada masyarakat muslim Indonesia khususnya yang berada di DIY lebih berhati hati dan lebih teliti.

"Apabila hendak melakukan perjalanan  umrah atau haji, mohon cek kejelasan alamat kantor maupun legalitas secara hukum memiliki badan usaha atau tidak. Jangan asal pilih karena iming-iming biayanya murah dan cepat berangkat," kata Udhi. (R-4)

BERITA REKOMENDASI