Asprov Sahkan Enam Klub Baru Liga 3 DIY, Ini Daftarnya

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY melaksanakan Kongres Tahunan 2021 secara hybrid, Sabtu (28/8/2021) siang. Beberapa keputusan dihasilkan salah satunya mengesahkan enam klub baru yang akan berkompetisi di Liga 3 DIY.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Syauqi Soeratno mengatakan kongres tahunan dilaksanakan luring dihadiri ketua, wakil ketua dan Exco di Monumen PSSI. Sementara pemilik hak suara anggota Asprov mengikuti secara daring setelah sebelumnya menerima regulasi dan peralatan kongres sehari sebelumnya.

“17 anggota hadir secara daring, kecuali satu klub yakni Gelora Handayani Gunungkidul. Kongres menyepakati keputusan-keputusan seperti menerima laporan kerja dan keuangan 2020, serta mengesahkan program kerja tahun 2021,” ungkap Syauqi seusai kongres.

Dalam kesempatan tersebut, Asprov PSSI DIY juga mengesahkan enam klub anggota baru yang bisa berkompetisi di Liga 3 DIY. Klub-klub tersebut merupakan pengembangan dari perkumpulan di bawah Asosiasi Kabupaten/Asosiasi Kota.

Enam klub tersebut meliputi :

Raga Putra Menoreh domisili Kulonprogo, pengembangan dari perkumpulan Raga Putra Menoreh

Mataram Utama FC domisili Kota Yogyakarta, pengembangan perkumpulan Manggala SIWO

Bina Taruna FC domisili Bantul, pengembangan perkumpulan Bina Taruna

PS Baturetno domisili Bantul, pengembangan perkumpulan PS Baturetno

JK United FC domisili Bantul, pengembangan perkumpulan PS Tamanan

PS Tunas Ngaglik domisili Sleman, pengembangan perkumpulan PS Tunas Ngaglik.

Syauqi menegaskan Asprov PSSI DIY berkomitmen untuk membangun ekosistem berkelanjutan klub di DIY. Persyaratan klub harus terafiliasi perkumpulan mutlak harus dipenuhi untuk menjaga kesinambungan pembinaan sepakbola.

“Selama ini klub liga 3 DIY hanya 13, jadi ruang bermain untuk pemain-pemain muda kita kurang. Kita berharap semakin banyak lagi kedepan. Namun detailnya akan kita bahas dalam rapat pengurus nanti, idealnya paling tidak 30 klub. Sekarang sudah ada 19 minus Gelora Handayani jadi 18, mudah-mudahan bergerak terus kedepan,” sambung dia.

Wakil Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Wahyudi Kurniawan menambahkan kongres juga memutuskan untuk menskors Gelora Handayani tak bisa ikut serta dalam aktivitas sepakbola di bawah Asprov. Klub tersebut dua kali tak ikut berpartisipasi dalam kompetisi Liga 3 DIY yakni tahun 2017 dan 2019. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI