Asyik, 1000 Orang ‘Bukber’ Gudeg di Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.com – Pedestrian Malioboro tepatnya di depan Mall Malioboro terlihat berbeda dari biasanya, Kamis (8/6/2017) petang. Masyarakat dari berbagai kalangan termasuk wisatawan tampak antusias menanti waktunya berbuka puasa dengan menu gudeg komplit gratis yang dihimpun Mall Malioboro bersama Asosiasi Pengusaha Gudeg DIY.

Eunike Set Satyarini, Marketing and Promotion Malioboro Mall mengatakan tak kurang 1000 porsi gudeg disiapkan untuk masyarakat yang sedang berada di kawasan Malioboro. Sejak pukul 15.00 WIB, masyarakat mulai berkumpul untuk mendapatkan kupon gudeg dan teh gratis berbuka.

"Hari ini kami bagikan 1000 kupon yang langsung ludes dalam waktu beberapa menit saja. Kami sengaja mengajak masyarakat dan wisatawan buka bersama (bukber) dengan menu gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta," ungkapnya.

Malioboro dan Gudeg menurut Eunike dinilai sebagai paduan yang pas menunjukkan Keyogyakartaan pada pengunjung yang tengah menghabiskan waktu ngbuburit di kawasan ikonik tersebut. "Kita bisa berbagi bersama masyarakat apalagi banyak wisatawan luar yang ada di Malioboro, jadi harapannya mereka bisa lebih mengenal dekat gudeg," lanjutnya.

Esaf Mangiri pengurus Asosiasi Pengusaha Gudeg DIY menambahkan paling tidak ada 29 pengusaha yang berpartisipasi dalam acara bukber 1000 gudeg ini. Para pengusaha merasa punya kewajiban terus memasyarakatkan gudeg yang merupakan masakan khas Yogyakarta.

"Orang selama ini mengenal gudeg ya dari Jogja dan kami jelas ingin semakin memasyarakatkan makanan ini. Apalagi gudeg adalah salah satu bagian dari wisata dan pas sekali dilaksanakan di Malioboro," kata Esaf. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI