Atlet Paralympic DIY Bakal Punya Gedung Latihan Mandiri

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – National Paralympic Committe (NPC) DIY menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2018, Sabtu (3/3/2018) di Lynn Hotel Yogyakarta. Dalam ajang penyampaian prestasi dan evaluasi tersebut, muncul keputusan adanya pembangunan kantor mandiri bagi NPC DIY yang juga berfungsi sebagai sarana latihan bagi para atlet paralympic. 

Prambudi Setyono, Kasi Kesra Anggaran dan Belanja DPPKA DIY mengatakan wacana pembangunan kantor bagi NPC DIY dikarenakan organisasi tersebut dianggap sudah cukup kuat untuk mandiri. Pasalnya, selama ini kantor NPC DIY masih menumpang di Balai Pemuda Olahraga (BPO) DIY yang tempatnya tak terlalu besar. 

“Sudah 3-4 tahun dibantu harusnya waktunya mandiri, kami akan upayakan apakah memanfaatkan bangunan aset daerah yang sudah ada ataukah membangun baru. Namun lokasinya di kawasan Jalan Kenari yang memang sudah diputuskan menjadi kawasan olahraga,” ungkapnya. 

Lahan yang dirasa paling cocok menurut Prambudi ada di kawasan parkir Amongraga yang terletak di sebelah timur kantor KONI DIY. “Nanti bagaimana yang terbaik akan dibahas sesegera mungkin agar bisa terwujud dalam waktu tak lama,” sambungnya. 

Sementara Hariyanto, Ketua NPC DIY menyambut baik wacana pemberian kantor baru bagi induk olahraga paralympic DIY tersebut. Menurut dia, selain menjadi kantor nantinya gedung baru juga bisa dijadikan fasilitas latihan para atlet yang selama ini masih kesulitan. 

“Untuk olahraga di ruangan seperti tenis meja, catur bisa punya tempat latihan yang bagus. Selain itu kami juga semakin mudah dalam pengawasan dan pemantauan para atlet. Kalau letaknya di Kenari maka lebih dekat dengan fasilitas olahraga, mudah-mudahan berdampak pada prestasi,” ungkapnya. 

NPC DIY sendiri kini tengah mempersiapkan diri menyambut Peparda 2019 dan Peparnas 2020. Tak hanya itu, 19 atlet DIY juga dipastikan tetap ambil bagian dalam Asian Paralympic Games di beberapa cabang unggulan. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI