Atur Strategi Seleksi PPDB SMKN, Ikuti Langkah Berikut

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Yogyakara telah memasuki tahap pemilihan sekolah untuk tingkat SMA dan SMK Negeri. Ketatnya persaingan konsentrasi pilihan dan rentang nilai siswa membuat orangtua siswa harus cermat dalam mengikuti proses seleksi PPDB online.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan Orangtua agar anaknya lulus masuk sekolah negeri seperti disampaikan Ketua Panitia PPDB SMK Negeri 2 Yogyakarta, Bangun Estutomo Putro SPdT.

1. Cermat Menentukan jurusan atau sekolah
Menurutnya setiap SMK Negeri yang ada di Yogyakarta memiliki Konsentrasi peminatan yang berbeda-beda, oleh karena itu penting untuk siswa memahami target dan tujuannya. Apabila siswa menentukan pilihan berdasarkan konsetrasi peminatan maka ia harus mengincar sejumlah sekolah dengan juruan yang tersedia. Namun jika siswa menargetkan pada Sekolah maka ia harus menerima konsentrasi yang tersedia dari sekolah tersebut.

2. Cek nilai siswa, Kuota dan Persaingan
Sebelum menentukan pilihan idealnya selalu melihat arsip persebaran nilai pada PPDB SMK tahun sebelumnya via website PPDB. Hal ini bisa menjadi patokan saat menentukan peminatan dan sekolah yang akan dimasukkan menjadi pilihan pertama, pilihan kedua dan ketiga.

3. Selalu Update dan Siapkan Opsi ubah jalur atau pilihan sekolah
Sementara menunggu hasil akhir pada tanggal 30 Juni 2022, apabila peringkat nilai sudah keluar dari kuota sekolah, maka langkah yang perlu segera dilakukan adalah mengganti jalur atau mengganti pilihan sekolah. Siswa dapat melakukan penggantian jalur pada laman https://yogyaprov.siap-ppdb.com

Mengubah Jalur hanya bisa dilakukan sampai Selasa (28/6/2022), oleh karena itu sangat penting bagi calon siswa untuk selalu memantau hasil seleksi. (*-1)

BERITA REKOMENDASI