Awal Juli, Rehabilitasi Masjid Besar Pura Pakualaman Dimulai

YOGYA,KRJOGJA.com – Balai Pelestarian Warisan Budaya dan Cagar Budaya (BPWBCB) Dinas Kebudayaan DIY bakal menggelontorkan dana Rp 3 miliar untuk merealisasikan program konstruksi rehabilitasi Masjid Besar Pura Pakualaman yang akan dimulai awal Juli 2017 ini.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan pelaksanaan fisik kegiatan Pelestarian Warisan Budaya Benda dan Cagar Budaya sesuai dengan kondisi dan perencanaan yang ada," tutur Kasi Perlindungan dan Pengembangan BPWBCB Disbud DIY Agus Suwarto kepada KRJOGJA.com, Jumat (30/6/2017).

Ditambahkan Agus, melalui kegiatan ini diharapkan dapat melestarikan makna dan nilai penting bangunan cagar budaya berdasarkan dokumen perencanaan rehabilitasi bangunan cagar budaya sesuai kaidah pelestarian. Rehabilitasi yang akan dilakukan menurut Agus meliputi pekerjaan Masjid Utama, Serambi Tengah, Serambi Depan dan Longkangan,
Tempat Wudhu, Kamar Mandi, Gapura dan Landscape.

"Program ini pada intinya akan mengembalikan bentuk Masjid Besar Pura Pakualaman seperti semula, terutama pada sisi serambi. Bangunan serambi yang ada saat ini akan dibongkar untuk direhabilitasi dengan bangunan yang sesuai dengan kajian. Namun tetap memperhatikan kemanfaatannya," ucap Agus.

Sebab menurut Agus tolok ukur keberhasilan yang ingin diperoleh yakni dengan adanya pemanfaatan setelah proses rehab dan perawatan. Bangunan atau kawasan yang sudah direhab harus dimanfaatkan untuk memberi kesejahteraan bagi masyarakat.(R-7)

 

BERITA REKOMENDASI