Awal TAhun, Belanja Pemerintah Perlu Diakselerasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY diharapkan mampu mengakselerasi belanja pemerintah di awal tahun 2021 sebagai daya ungkit roda perekonomian DIY. Upaya tersebut harus dilaksanakan seoptimal mungkin guna mempercepat pemulihan ekonomi DIY di tengah pandemi Covid-19.  Tidak hanya mengandalkan belanja pemerintah semata, instansi atau lembaga terkait yang memiliki modal atau sumber data diminta bergerak dan bersinergi guna mempercepat pemulihan ekonomi DIY.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY Sahat MT Panggabean menyampaikan Pemda mempunyai anggaran sendiri dan mempunyai program-program yang sudah digariskan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di DIY. Supaya bisa menjadi kenyataan, maka pelaksana program-program di daerah terutama harus menjalankan dan mengoptimalkan anggaran yang ada, jika tidak seperti itu akan sulit.

“Sebagai sumber pendapatan daerah seperti pajak daerah, retribusi dan lain-lain harus dikelola dengan baik supaya ada sumber penerimaan guna mendukung belanja daerah disamping dana transfer dari pemerintah pusat seperti Dana Keistimewaan (Danais) dan Dana Desa,” katanya kepada KR di Yogyakarta, Rabu (17/2).

BERITA REKOMENDASI