Awas! Potensi Gelombang Tinggi di Pantai Selatan DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Yogyakarta mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di perairan selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Potensi tinggi gelombang diprakirakan berlangsung dua hari ke depan.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan, prediksi gelombang tinggi mencapai 2.5 meter.

"Pemicu tinggi gelombang karena perbedaan tekanan udara yang cukup mencolok wilayah di Selatan Indonesia dengan wilayah Utara Indonesia. Sehingga selisih tekanan udara menyebabkan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang yang masuk ke perairan Selatan DIY," kata Reni dalam keterangannya, Kamis (10/10/2019).

Potensi gelombang tinggi pada 10 Oktober 2019 berkisaran 2.0 – 2.5 meter dengan pergerakan dari barat daya menuju timur laut. Peningkatan kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara dengan kecepatan 16-28 kilometer per jam.

Sedangkan pada 11 Oktober 2019 1.5-2.0 meter dengan pergerakan dari selatan menuju Utara. Dengan kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara-Selatan dengan kecepatan 16 – 34 kilometer per jam.

Reni mengimbau para nelayan untuk meliburkan diri terlebih dulu sambil menunggu update kondisi gelombang perairan selatan. Sementara bagi wisatawan juga harus hati-hati karena profil pantai di selatan DIY curam.

"Jadi kalau mandi di laut dengan ombak yang sedang pun berbahaya karena dapat menyeret mereka masuk ke dalam dan terperangkap di laut yang curam," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI