Babinsa Koramil Wirobrajan Terus Bagikan Masker

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kendati erupsi freatik Merapi telah berlalu, namun sisa debu vulkanik masih terlihat di beberapa sudut DIY. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah, TNI dan Polri maupun masyarakat untuk dapat membersihkan sisa hujan abu yang terjadi Jumat (11/05/2018) kemarin tersebut agar tak menggagu kesehatan warga. Walau tak separah bencana hujan abu Gunung Kelud empat tahun silam, namun upaya penanggulangan tetap dilakukan untuk menyelamatkan warga.

Seperti yang dilakukan jajaran Koramil 10 Wirobrajan. Melalui para Bintara Pembina Desa (Babinsa), prajurit membagikan masker kepada warga. Kegiatan ini telah dilakukan sejak kemarin bahkan hingga hari ini, Sabtu (12/05/2018).

“Seperti kita ketahui debu vulkank sangat berbahaya bagi pernafasan dan bisa merusak tubuh. Walau telah berlalu namun kami masih melakukan pembagian masker untuk menanggulangi adanya debu-debu yang masih berada di jalanan dan belum sempat dibersihkan,” ungkap Babinsa Koramil 10 Wirobrajan Serka Dedi Indarto.

Para prajurit dikerahkan turun ke jalan-jalan untuk membagikan masker tersebut secara cuma-cuma baik kepada pengendara maupun warga pejalan kaki. Dikatakan Serka Dedi Indarto aksi ini akan terus dilakukan hingga wilayah Wirobrajan benar-benar steril dari debu vulkanik merapi.

Jajaran Koramil Wirobrajan meminta kepada warga untuk secara mandiri juga melakukan pembersihan di lingkungannya masing-masing. Untuk beberapa hari kedepan warga juga diimbau untuk tetap mengenakan masker saat keluar rumah, mengingat memasuki musim kemarau ini hembusan angin cukup kencang sehingga dikhawatirkan akan membawa sisa debu Merapi. (Van)

BERITA REKOMENDASI