Bakal Ada Cabang Olahraga Baru di Porda DIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Persaingan memperebutkan gelar juara umum di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 mendatang diyakini akan semakin ketat setelah ada empat cabang olahraga (cabor) baru yang akan ditandingkan atau dilombakan.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan Organisasi KONI DIY, Nolik Maryono BSc saat ditemui KRJOGJA.com di Kantor KONI DIY, Jumat (11/06/2021), keputusan untuk menambahkan empat cabor baru di Porda DIY ini merupakan hasil keputusan rapat KONI DIY dengan seluruh KONI kabupaten/kota. “Setelah kami bertemu dengan seluruh KONI kabupaten/kota, disepakati ada 4 cabor baru untuk Porda mendatang,” jelasnya.

Dari empat cabor tersebut tiga diantaranya menurut Nolik adalah pecahan dari induk organisasi lama yakni Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) dan satu cabor lainnya benar-benar baru. Tiga cabor pecahan PABBSI yang akan ditandingkan secara resmi di Porda DIY mendatang yakni, angkat berat, angkat besi dan binaraga.

Sedangkan satu cabor lainnya yang juga akan ditandingkan resmi di Porda DIY mendatang adalah hapkido yang merupakan cabor anggota baru di KONI DIY. “Untuk tiga cabor pecahan PABBSI kan memang sudah dilombakan di Porda sebelumnya, tapi karena sekarang mereka memiliki induk organisasi sendiri, ya kami anggap sebagai cabor baru. Kalau hapkido juga ditandingkan karena sudah memenuhi syarat,” jelasnya.

Syarat-syarat yang dipenuhi hapkido sehingga langsung dapat ditandingkan di Porda DIY tahun depan menurut Nolik ada di Peraturan Porda DIY pasal 7 ayat 6. Aturan tersebut kemudian diterangkan dalam penjelasan dimana cabor yang bisa ditandingkan harus, 1. Cabor pernah ekshibisi dalam Porda DIY sebelumnya, atau. 2. Sudah melaksanakan Kejurda minimal 2 kali setelah diterima menjadi anggota KONI DIY, atau. 3. Punya prestasi di tingkat nasional atau internasional dan sudah satu tahun setelah diterima menjadi anggota KONI DIY.

Dari penjelasan tersebut, hapkido sudah menjadi anggota KONI DIY sejak Januari 2020 silam, pernah menggelar Kejurda sebanyak 2 kali dan sudah berprestasi sebagai juara umum ajang Kejuaraan Hapkido Asia 2019. “Setelah memenuhi syarat tersebut, semua kabupaten/kota juga sudah setuju hapkido ditandingkan,” jelasnya. (Hit)

BERITA REKOMENDASI