Bakal Bikin Betah, Polwan Berkuda Kawal Wisatawan

BERKUDA kini semakin diminati berbagai kalangan. Bukan sekadar untuk olahraga atau gaya hidup. Trend berkuda ini juga dianggap memiliki prestis tersendiri. Sejumlah ajang olahraga berkuda maupun event yang menggunakan kuda sebagai daya tarik, juga sering dihelat di DIY dan mendatangkan respons positif.

Berkuda juga bisa menjadi sarana pengamanan pariwisata di DIY oleh Polri. Hal itulah yang saat ini dilakukan oleh Polwan dari Polda DIY. Salah satu Polwan penunggang kuda itu adalah Briptu Yustika Ayu Ardani (24). Ia memang gemar berkuda sejak lama. ”Awalnya saya menyukai semua satwa, dari anjing, ular serta hewan lain,” kata Yustika saat ditemui KR di D’Paragon Horse Riding, Club kawasan Embung Tambakboyo Depok Sleman.

Saat masuk ke Unit Turangga Polsatwa Ditsamapta Polda DIY, Yustika mengaku makin jatuh cinta pada berkuda. Sebelumnya, Yustika menjalani pendidikan di Pusdiklat Pol Satwa Baharkam Polri di Cikeas selama dua bulan. Setelah itu, ia makin mengerti tentang seluk beluk satwa yang disayanginya. Selanjutnya sejumlah tugas di DIY yang berkaitan dengan kuda dijalaninya.

Selain Yustika, Briptu Nana Oktaviana Abrilia yang akrab disapa Nana juga gemar berkuda. Iapun bertugas di Unit Turangga Polsatwa Ditsamapta Polda DIY. Adanya Unit Turangga ini, Nana juga punya keinginan agar masyarakat lebih akrab dan mencintai satwa, salah satunya kuda. “Kalau mau belajar berkuda, ya langsung berkuda saja. Tak usah canggung ataupun takut,” ajaknya.

Kaum muda, apalagi perempuan, diharapkan tidak takut berkuda sebelum mencoba. Dengan adanya Unit Turangga ini, ia berharap bisa menaikkan ikon berkuda di DIY.

BERITA REKOMENDASI