Bakal Operasi Penuh, Aksesibilitas Menuju Bandara Baru Terus Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Persiapan terus dilakukan sejumlah pihak menuju operasional penuh Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (BIY/YIA). Salah satu dari segi aksesibilitas dari dan menuju bandara.

Sampai sejauh ini, kereta api masih menjadi transportasi darat yang diunggulkan. Mengingat waktu tempuh yang lebih cepat. Dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Wojo (Purworejo Jawa Tengah) yang merupakan stasiun terdekat dengan YIA, hanya sekitar 40 menit saja. Untuk itu, PT KAI berharap memiliki jalur sendiri khusus KA bandara.

"Bandara YIA itu cukup besar. Di sisi lain perjalanan kereta api juga terus bertambah. Nah, itu kalau sudah bisa untuk eksisting KA bandara akan lebih bagus. Kapasitasnya juga akan lebih besar dan pengoperasiannya khusus KA bandara itu titik-titiknya dan segala macam. Karena selama ini masih bercampur dengan reguler," ujar Kepala PT KAI DAOPS VI Yogyakarta Eko Purwanto, Minggu (15/12/2019).

Meski demikian, sampai saat ini masih bisa terlayani. Tapi suatu saat nanti perlu dipikirkan, guna menghindari adanya kejenuhan kapasitas lintas. Dimaksudkan Eko adalah kapasitas kereta yang bisa melintas di jalur tersebut. Sedangkan untuk saat ini, dari kapasitas penumpang dari KA yang menuju ke bandara sudah terpenuhi sektiar 3/4. Untuk itu perlu segera dipikirkan jalur baru, karena KA bandara ini cukup besarr. Agar pengembangannya bisa sekalian tersambung dengan yang lain.

Mengenai tarif sekarang ini masih promo, yakni Rp 15 ribu sekali jalan. Jika nanti sudah beroperasi penuh, Eko mengharap tarif yang dikenakan sudah sesuai dengan kebutuhan PT KAI. Salah satunya untuk biaya operasional. Jika sesuai dengan perhitungan biaya operasional, maka tarif KA bandara sekitar Rp 60 ribu perorang.

"Kalau tarif yang sekarang itu masih promo. Karena jita juga memberikan sosialisasi, jika KA bandara frekuensinya sudah ditambah," katanya.

Konsep dari pembangunan YIA memang di dalamnya terdapat stasiun KA bandara. Bahkan posisinya dibuat dekat dendgan terminal keberangkatan, sehingga bisa memudahkan calon penumpang.(Awh)

BERITA REKOMENDASI