Bakti Sosial Semarakkan Temu Lintang Alumni SMPN 8 Yogya

YOGYA, KRJOGJA.com – Event Temu Alumni Lintas Angkatan (Lintang) yang akan digelar keluarga besar SMPN 8 Yogyakarta di Gedung Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, Minggu, (08/10/2017) terasa spesial. Sebab, kegiatan ini akan mempertemukan hampir 2.000 peserta dari angkatan pertama tahun 1963 hingga lulusan paling anyar 2017.

Direncanakan, alumni yang selama ini memiliki nama di kancah nasional, seperti Eross Jarot, Slamet Raharjo dan lainnya akan ikut dalam kebersamaan di acara yang mengusung tema 'Merekat Persaudaraan Alumni Merajut Asa Berbakti Untuk Negeri' ini. Pada kesempatan ini pula nantinya akan diproklamirkan wadah alumni SMPN 8 Yogyakarta secara menyeluruh yang dinamakan Bhakti Hasta Ayodya (BHA) dengan lambang burung hantu.

Baca Juga :

SMPN 8 Yogyakarta Sarat Prestasi

BHA Wadah Alumni Berbakti untuk Almamater

"Melalui BHA inilah nantinya diharapkan akan terjalin komunikasi antara alumni dan pihak sekolah. Sehingga ke depan dapat terus ada keterkaitan dan imbal balik yang saling menguntungkan," tutur pengurus BHA sekaligus panitia Temu Lintang Alumni SMPN 8 Yogyakarta, Arijanto kepada KRJOGJA.com, Jumat (06/10/2017).

Rencananya dalam kegiatan temu alumni itu akan dihadiri juga oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti karena juga pernah merasakan atmosfir pendidikan di SMPN 8 Yogyakarta. Bahkan, berdasar informasi yang dihimpun dari panitia, Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Anggito Abimanyu yang merupakan alumni 1976 juga akan ikut hadir sekaligus menyumbangkan lagu diiringi Swarna Band. 

Dijelaskan Arijanto, sebelum pelaksanaan acara puncak Temu Lintang Alumni SMPN 8 Yogyakarta ini, sudah dilaksanakan sejumlah kegiatan pendukung lain yang melibatkan alumni serta masyarakat umum. Salah satunya kurban bersama alumni yang terkumpul lima ekor sapi. 

Bakti sosial alumni SMPN 8 Yogyakarta, BHA kepada masyarakat di sekitar lingkungan (Istimewa)

Hewan kurban yang sudah terkumpul tersebut selanjutnya diserahkan pada masyarakat di Masjid Al Fattah di Bulurejo RT 09/07 Monggol Saptosari Gunungkidul, Masjid Al Amin Bacak Rt 03/09 Monggol Saptosari Gunungkidul serta Masjid Nurul Huda di Sawah Rt 01/05 Monggol Saptosari Gunungkidul. Selain itu juga di Komplek Mushola As Salam Wediutah Ngeposari serta Padukuhan Gemulung Desa Ngeposari. Selain kurban bersama, alumni lintas angkatan tersebut juga menggelar kegiatan bakti sosial untuk masyarakat sekitar lingkungan SMPN 8 Yogyakarta yang kurang mampu, seperti petugas kebersihan, tukang becak dan lainnya. 
 
Dalam kesempatan tersebut disediakan 535 paket sembako murah senilai Rp 50.000. Namun, masyarakat yang memegang kupon hanya dikenakan harga Rp 25 ribu untuk paket berisikan 2 Kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 Kg hula pasir dan 1 pax teh celup. "Hasil penjualan akan digunakan untuk memberikan beasiswa bagi siswa/siswi SMPN 8 Yogyakarta yang memiliki prestasi, namun terkendala dalam hal ekonomi," sebut Arijanto.
 
Melalui paguyuban BHA ini, Arijanto berharap alumni SMPN 8 Yogyakarta terus dapat berkontribusi dalam kemajuan almamater. Namun begitu, tetap harus terus ada kseinambungan komunikasi agar jalannya organisasi bisa optimal. Selain dua kegiatan yang sudah terlaksana tersebut, rangkaian Temu Lintang Alumni SMPN 8 Yogyakarta ini juga masih akan ada Lomba Tonti Kreatif tingkat SMP dari DIY dan sekitarnya. Untuk perlombaan ini, sejumlah tim dari Jawa Tengah sudah menyatakan diri siap hadir, Minggu (15/10/2017) mendatang.
 

Bakti sosial alumni SMPN 8 Yogyakarta, BHA kepada masyarakat di sekitar lingkungan (Istimewa)

Menurut Arijanto, kegiatan ini sebagai bentuk eksistensi SMPN 8 Yogyakarta yang memang memiliki prestasi di bidang baris berbaris atau tonti. Melalui kegiatan ini pula, harapannya tonti di Yogyakarta akan terus maju dan dapat mencapai prestasi membanggakan di berbagai tingkatan.
 
Arijanto menambahkan ada pula lomba fotografi yang dapat diakses melalui media sosial. Untuk kegiatan ini, peserta dapat mengambil momen-momen spesial dalam rangkaian temu alumni ini. Panitia nantinya yang akan menentukan hasil terbaik untuk perlombaan ini yang akan diumumkan bertepatan dengan pelaksanaan alumni akbar tersebut. (Feb)

BERITA REKOMENDASI