Balai Yasa Rampungkan 11 Lokomotif Pesanan KAI

YOGYA (KRjogja.com) – Balai Yasa Yogyakarta, Jumat (21/7/2016) merakit lokomotif baru seri CC 206. Sebanyak 11 lokomotif baru ini menambah kekuatan armada PT KAI. Rencananya, lokomotif digunakan di wilayah Jawa dan Sumatera.

Manager Quality Control Balai Yasa Yogyakarta Entang Sutrisna mengatakan 11 lokomotif tersebut merupakan pelengkap 39 paket sebelumnya yang telah dikirim ke beberapa Daerah Operasional PT KAI. Lokomotif tersebut mengusung teknologi cukup baru dengan kekuatan hingga 2250 Horse Power (Hp).

"Lokomotif CC 206 ini dilengkapi dengan banyak sensor yang nantinya terpusat pada satu layar yang disebut central kontrol. Teknologi ini memudahkan masinis apabila terjadi masalah di loko, seperti selang pecah atau lain sebagainya," ungkapnya.

Entang menjelaskan 11 lokomotif yang bogeinya dirakit di Inka Madiun ini akan diselesaikan kurang lebih empat hari kedepan. "Dalam sehari kita bisa rakit tiga loko jadi mungkin cepat selesai dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya," imbuh Endang.

Usai dirakit lokomotif ini akan menjalani dua pengujian yakni uji statis dan dinamis. "Biasanya untuk uji dinamis yang butuh waktu lama menunggu relnya kosong, baru setelah itu disertifikasi oleh Kementrian Perhubungan dan baru bisa digunakan," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI