Balai Yasa Ubah KA Penumpang Jadi Klinik

YOGYA (KRjogja.com) – Kesibukan di Balai Yasa Yogyakarta bertambah, Selasa (27/9/2016) dan pekerja serius mengerjakan tiga gerbong yang akan difungsikan sebagai Train Clinic mulai akhir tahun 2016. 

Kepala Balai Yasa, Eko Purwanto kepada wartawan mengatakan rangkaian Train Clinic tersebut nantinya akan difungsikan di kawasan Sumatera sesuai permintaan Dirut KAI Edi Sukmoro. Menurutnya, satu rangkaian yang telah dioperasikan di Pulau Jawa sejak tahun 2015 lalu dirasa sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan penanganan kesehatan. 

"Kami mulai kerjakan beberapa hari lalu dan ditargetkan rampung akhir tahun 2016. Nantinya akan dikirim ke Sumatera dan difungsikan untuk membantu masyarakat di sana," ungkapnya Selasa (27/09/2016). 

Di Train Clinic yang dibuat dari kereta diesel penumpang ini nantinya ada alat-alat penunjang kesehatan seperti poli kesehatan gigi, mata, farmasi dan ruang tindakan. "Spesifikasinya sama dengan Clinic yang sudah dioperasikan di Jawa," imbuhnya. 

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budianto menambahkan kereta Clinic yang akan dibuat ini sebelumnya beroperasi di Bandung untuk melayani rute Bandung-Cicalengka. "Atas rekomendasi Balaiyasa kereta masih laik jalan dan akhirnya ditransformasi menjadi Train Clinic," ungkapnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI