Balon Udara Raksasa Mendarat di Kabel Listrik

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Sebuah balon udara yang terbuat berbahan plastik ditemukan mendarat di kawasan Pandean, Gambiran, Umbulharjo, Yogyakarta, Rabu (13/07/2016). Belum diketahui siapa yang menerbangkan balon raksasa tersebut, namun keberadaan yang diterbangkan secara ilegal tersebut cukup membahayakan masyarakat mapun dunia penerbangan.

Komandan TRC BPBD DIY, Wahyu Pristiawan mengatakan balon tersebut diamankan di atap rumah warga di kawasan Pandean pada pukul 14.30 WIB. Perlu waktu cukup lama setidaknya dua setengah jam untuk mengevakuasi balon tersebut.

"Diameternya mencapai 3,5 meter dan panjangnya sekitar 8 meter jadi memang cukup sulit melakukan evakuasi. Namun TRC akhirnya bisa mengamankan dan membawa balon tersebut ke markas BPBD DIY,” ungkap Wahyu Pristiawan di kantor BPBD DIY, Kamis (13/07/2016).

Balon udara yang diamankan ini terbuat dari plastik yang disambungkan dengan lakban transparan. Sementara kolongan terbuat dari bambu dilapisi plastik dan beberapa kawat diikat ke tengah untuk menahan kain dan ban yang digunakan untuk bahan bakar.

Tim TRC BPBD DIY sempat kesulitan saat mengevakuasi balon udara tersebut, pasalnya balon jatuh di atap rumah warga yang banyak terdapat kabel listrik. Evakuasi harus dilakukan hari-hati agar tak mengakibatkan korsleting listri.

Selain satu balon besar ini, BPBD DIY juga menerima laporan adanya balon udara serupa jatuh di kawasan Playen Gunungkidul dan Pantai Depok Bantul. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI